Connect with us

Balangan

Balangan Komitmen Pulihkan Lingkungan Hidup Pasca Banjir

KOMITMEN: Penandatanganan komitmen bersama antara Pemprov dan Pemkab/Pemkot di kantor Gubernur Kalsel, Kamis (13/1/2022). (sumber/foto:Infopublik.id)

PARINGIN, RK – Bencana banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan pada tahun 2021, membutuhkan pemulihan lingkungan hidup secara komprehensif dan kolaboratif dengan melibatkan para pihak terkait.

Untuk meningkatkan efektivitas dan koordinasi serta kerja sama dalam upaya percepatan pemulihan lingkungan, dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan Kabupaten Kota yang terkena dampak banjir. Salah satunya adalah Kabupaten Balangan.

Tidak hanya Kabupaten Balangan, yang langsung dilakukan Bupati Abdul Hadi, penandatanganan komitmen bersama antara Pemprov dan Pemkab/Pemkot di kantor Gubernur Kalsel, Kamis (13/1/2022), itu juga diikuti oleh Walikota Banjarmasin, Bupati Banjar, Bupati HSU, Bupati HST dan Bupati Tanah Laut.

Menteri LHK yang diwakili Dirjen PKTL, Ruandha Agung Sugardiman mengatakan, banjir Kalsel pada Januari 2021 serba lebih dalam berbagai aspek ; volume air, luas genangan, lama genangan dan kerusakan LH.

Penanganan dampak LH dari banjir itu, kata dia, harus komprehensif, strategis, terstruktur, sistematis dan masif. Diharapkan bisa menjadi model nasional.

“Dirjen PKTL Kementerian LHK melakukan kajian atas banjir Kalsel Januari 2022 dan dampaknya. Harus dilanjutkan dengan rencana aksi dan rekomendasi kebijakan. Detail rencana aksi diserahkan kepada masing-masing kepala daerah,” imbuhnya.

Ditambahkannya, rekomendasi kebijakan dan rencana aksi itu harus diintegrasikan dalam rencana pembangunan daerah dan dilegalisasi oleh daerah.

Bupati Balangan, H Abdul Hadi menyambut optimis terhadap kesepakatan bersama percepatan pemulihan lingkungan hidup pasca banjir ini.

Diakuinya, penanganan dan pemulihan LH harus merupakan upaya kolaboratif antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

“Terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah cepat merespons dan menindaklanjuti permasalahan ekologi di Kalsel akibat banjir Januari 2022,” ucapnya. (rls)

Editor: Sandi Firly

Di Posting 14/01/2022 2:00 PM by Sandi Firly

 399 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *