Connect with us

Tanah Bumbu

Zairullah Azhar Resmikan Gedung Museum Tanah Bumbu

SAMPAIKAN SAMBUTAN: Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar menyampaikan kata sambutan pada peresmian Gedung Museum Tanah Bumbu – Foto Dok

BATULICIN, RK– Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar meresmikan penggunaan Gedung Museum Tanah Bumbu di Jalan 7 Februari Kota Pagatan, Rabu (16/02/2022).

Peresmian itu ditandai dengan pembacaan doa selamat, pemukulan gong dan pemotongan tumpeng oleh Bupati.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Hamaluddin Taher mengatakan, museum itu akan menjadi tempat mengumpulkan bukti sejarah Kabupaten Tanah Bumbu.

“Saya berharap bantuan dari semua pihak terkait untuk menemukan keberadaan barang-barang yang memiliki nilai sejarah bagi Tanah Bumbu untuk dapat ditampilkan di museum itu nanti,” katanya.

Selain museum, lanjut Hamaluddin, gedung itu akan digunakan sebagai kantor sekretariat dari Lembaga Adat Ade Ogi.

Sementara itu, Bupati HM Zairullah Azhar menyampaikan selain menjadi museum yang memajang benda bersejarah, gedung tersebut bisa juga dijadikan sebagai pusat kegiatan budaya.

“Sebagai sebuah bangsa, daerah atau wilayah, nilai budaya yang dipegang teguh menjadi sebuah ciri dalam menampilkan sebuah peradaban,” katanya.

Menurut Zairullah, Tanah Bumbu patut bersyukur memiliki lembaga adat yang bukan sekedar melestarikan budaya namun mampu mengejawantahkan nilai-nilai budaya yang diwariskan, nilai integritas dan kepercayaan hingga tercermin dalam aspek kehidupan.

Oleh karena itu, Bupati meminta untuk menjaga nilai-nilai tersebut dan berkomitmen menjaga peninggalan sejarah sebagai momentum perjalanan daerah dari semenjak lahirnya Tanah Bumbu sampai masa yang akan datang.

Turut rhadir dalam peresmian gedung itu Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, para Kepala SKPD, Komite perencanaan percepatan pembangunan dan Lembaga Adat Ade Ogi.(wan)

Editor: Arief Syarkawie

Di Posting 16/02/2022 7:12 PM by Arief Syarkawie

 2,707 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *