Connect with us

DPRD Kalsel

Ibukota Kalsel Pindah ke Banjarbaru, Supian HK: Banjarmasin Bisa Lebih Fokus Sebagai Kota Niaga

Ketua DPRD Provinsi Kalsel DR (HC) Supian HK SH MH.(foto dokhms)

BANJARMASIN, RK – Pemindahan ibukota Provinsi Kalsel dari Banjarmasin ke Banjarbaru mendapat respons positif Ketua DPRD Provinsi Kalsel, DR  (HC) Supian HK SH MH.

Menurutnya, dalam pengembangan ke depan Banjarbaru memang lebih cocok menjadi ibukota provinsi.

“Dengan pindahnya ibukota Kalsel ke Banjarbaru, pengembangan Banjarmasin bisa lebih fokus sebagai kota niaga atau perdagangan dan jasa, karena memiliki pelabuhan laut,” ujarnya.

Selain itu penduduk Kota Banjarmasin sudah padat, serta secara geografis berada di bawah permukaan laut sehingga ketika hujan turun bersamaan dengan air pasang beberapa kawasan terendam, dan genangan air lambat keringnya.

“Keadaan tersebut menjadi kurang enak sebagai sebuah ibukota provinsi yang tak luput dari kunjungan tamu,” ujar Supian HK.

Sedangkan Banjarbaru, sebut Supian HK, secara geografis berada pada dataran tinggi sehingga relatif lebih mudah penataan pembangunan. Banjarbaru memiliki lahan yang luas sehingga mudah untuk pengembangan, juga merupakan daerah yang sedang tumbuh dan berkembang.

Oleh sebab itu, sambungnya, tidak salah sejak dulu ada keinginan memindah ibukota Kalsel dari Banjarmasin ke Banjarbaru.

“Kalau tidak salah ide Banjarbaru sebagai ibukota provinsi atau pusat Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Kalsel sejak Gubernur Murdjani. Karenanya sejak waktu itu ada beberapa kantor tingkat provinsi berkedudukan di Banjarbaru,” ungkap politisi Partai Golkar ini.

Kemudian digagas kembali masa Gubernur H Rudy Ariffin untuk membuat pusat perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru, dan diback-up Gubernur H Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Oleh sebab itu, dia mengajak semua pihak tidak terlalu mempersoalkan pemindahan ibukota Kalsel dari Banjarmasin ke Banjarbaru, lebih baik fokus agar Provinsi Kalsel ke depan lebih maju lagi.

“Mari kita fokus membangun Kalsel agar semakin maju. Apalagi Kalsel nantinya merupakan gerbang Ibu Kota Negara (IKN) yang baru,” pungkasnya.(ndi)

Editor: Agus Salim

Di Posting 20/02/2022 9:27 PM by Agus Salim

 1,170 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *