Connect with us

Hulu Sungai Tengah

Disdik HST Miliki Unit Layanan Terpadu Satu Pintu

BARABAI, RK- Dinas Pendidikan Hulu Sungai Tengah memiliki Unit Layanan Terpadu (ULT) satu pintu guna memudahkan pelayanan administrasi dan konsultasi terhadap masyarakat serta tenaga pendidik.

“Tempat ini dulunya kantor perindustrian dan pertambangan. Melalui anggaran APBD 2021, kita benahi sebagai tempat pelayanan satu pintu yang buka Senin hingga Kamis mulai pukul 08.00 Wita sampai pukul 15.30 Wita, dan Jumat mulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 10.30 Wita,” ungkap Plt Kepala Disdik HST H Muhammad Anhar.

Di dinas yang dipimpinnya, ada sekitar empat ribu pendidik dan tenaga kependidikan atau lebih dari 50 persen ASN di Pemkab HST.

“Mereka perlu diberikan pelayanan administrasi dan konsultasi yang mudah, terjangkau, cepat, responsif, dan adaptif. Yang pasti, tempat penerimaannya, syarat dan prosedurnya bebas dari praktek pungli,” ujarnya

Pihaknya menetapkan tema ULT ini Bagimu Guru, karena selain pelayanan kepada masyarakat umum, para guru adalah ujung tombak tercapainya visi pendidikan Indonesia dan visi HST Muda (Makmur, Unggul, dan Dinamis).

Diungkapkannya, tujuan pembentukan ULT ini sebagai tindaklanjut reformasi birokrasi sesuai Peraturan Menteri PAN-RB dan mewujudkan zona integritas, wilayah bebas korupsi, wilayah birokrasi bersih dan melayani serta sebagai sarana kolaborasi dengan LPMP Kalsel melalui kerjasama peningkatan layanan online berupa aplikasi Dangsanak LPMP.

Pihaknya telah melakukan simulasi untuk mengukur umpan balik dalam memberikan pelayanan. Ada 44 jenis pelayanan publik (perizinan dan non perizinan) di ULT Dinas Pendidikan dengan kategori pelaksanaan pelayanan administasi kepegawaian, keuangan, kependidikan, dan pengaduan masyarakat.

Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kalsel Yuli Haryanto mengapresiasi Dinas Pendidikan HST dengan ULT ini sebagai bentuk peningkatan layanan kepada masyarakat.

Bupati HST Aulia Oktafiandi mengatakan, Dibentuknya ULT ini wujud menghapus praktek pungli.(ari)

Editor : Andi

Di Posting 14/03/2022 4:52 PM by Andi

 1,051 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *