Connect with us

DPRD Kalteng

Muhajirin Minta Pemda Optimalkan Lahan Pertanian

Anggota DPRD Kalteng Muhajirin

PALANGKA RAYA, RILISKALIMANTAN.COM- Anggota DPRD Kalteng Muhajirin meminta pemerintah daerah supaya mengoptimalkan pemanfaatan lahan pertanian, terutama mengatasi setiap kendala yang selama ini menjadi penghambat pengembangan pertanian.

“Dengan mengatasi kendala tentu hal itu dapat mencegah terjadinya gagal panen yang akan dialami masyarakat petani kita. Dengan demikian, pemanfaatan lahan pertanian ini menjadi lebih optimal untuk mendongkrak perekonomian,” ucapnya, Senin (16/5/2022).

Menurutnya, dalam optimalisasi pemanfaatan lahan pertanian, pemerintah daerah perlu memperhatikan dengan benar terkait pengelolaan air. Karena tanpa pengelolaan air yang sesuai, itu bisa mengakibatkan lahan pertanian menjadi kebanjiran atau kekeringan sehingga dapat berujung pada gagal panen.

“Ini harus diantisipasi, pengelolaan air harus dibenahi dan dijaga. Kalau gagal panen ini bisa dicegah, tentu dampaknya sangat positif di mana produksi masyarakat menjadi meningkat, karena lahan mereka bisa dikelola dengan baik tanpa khawatir rusak akibat faktor alam,” tuturnya.

Selain itu hal lain yang tidak kalah penting dalam optimalisasi lahan pertanian yaitu dukungan penuh pemerintah terhadap aspek penunjang pertanian seperti penyediaan benih unggul, ketersediaan pupuk, hingga pemasaran produk pertanian.

“Pertanian saat ini menjadi sektor unggulan di Kalteng seiring adanya ketahanan pangan. Dukungan budidaya bibit unggul yang disesuaikan potensi daerah, distribusi pupuk yang tepat waktu, hingga dukungan pemasaran sampai tingkat ekspor menjadi hal yang bisa lebih difokuskan oleh pemerintah, sehingga pemanfaatan pertanian ini dapat maksimal,” tukasnya.(rls)

Editor : Andi

Di Posting 16/05/2022 12:02 PM by Andi

 1,122 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *