Connect with us

Kalteng

Sempat Dua Tahun Ditiadakan, Warga Kalteng Antusias Saksikan Festival Budaya Isen Mulang

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran membuka secara resmi Festival Budaya Isen Mulang yang dipusatkan di Bundaran Besar Palangka Raya.(foto rahman)

PALANGKA RAYA, RILISKALIMANTAN.COM – Warga Kota Palangka Raya, Kalteng, sangat antusias menyaksikan pagelaran Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang resmi dibuka Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Selasa (17/5/2022).

Wajar masyarakat Kota Cantik sangat merindukan pertunjukan dan pagelaran yang dikemas dalam karnaval budaya tersebut, karena telah vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menghadiri sekaligus membuka dengan resmi FBIM di Bundaran Besar Palangka Raya, didampingi Wagub Edy Pratowo, Kapolda Kalteng, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng serta tamu mancanegara.

Event ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Kalimantan Tengah.

“Saya sampaikan apresiasi  kepada praktisi dan pelaku seni budaya di Kalteng yang telah mengaktualisasikan cipta rasa dan karya, dituangkan dalam sebuah kemasan apik melalui wahana Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2022,” ujar Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Dia berharap kegiatan ini menjadi motivasi bagi masyarakat maupun pelaku dunia usaha dalam peranserta membangun dan mengembangkan seni budaya di Kalimantan Tengah.

Event semacam ini, sambungnya, harus digalakkan sebagai upaya melestarikan kearifan lokal agar tidak tergerus oleh moderenisasi. Pada sisi lain, sektor wisata dan budaya harus mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara maupun lokal, yang pada akhirnya mampu menggerakkan sektor ekonomi untuk pendapatan daerah.

“Semua yang kita lakukan dengan satu napas dan niat untuk Kalteng BERAKHLAK dan penuh dengan keberkahan,” pungkasnya.

Pantauan riliskalimantan.com, panggung kehormatan para tamu untuk star pawai peserta karnaval tepatnya depan Istana Gubernur dihadiri seluruh Bupati dan Walikota se-Kalimantan Tengah serta tamu mancanegara.

Peserta pawai baik dari instansi Pemerintah Provinsi Kalteng, Kabupaten dan Kota memberikan penghormatan kepada Gubernur Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Edy Pratowo serta para tamu undangan di panggung kehormatan.(rahman)

Editor: Agus Salim

Di Posting 18/05/2022 8:37 AM by Agus Salim

 699 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *