Connect with us

Tanah Bumbu

Puncak Event Budaya Mappanre Ri Tasi E, Pembacaan Doa Selamat dan Makan Bersama di Tengah Laut

Puncak event budaya Mappanre Ri Tasi E di Pantai Pagatan Kecamatan Kusun Hulu Kabupaten Tanah Bumbu.(foto iwan)

BATULUCIN, RILISKALIMANTAN.COM-  Kawasan pantai Pagatan Kecamatan Kusan  Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu memutih bak kapas diurai, Minggu (22/5/2022).

Seluruh PNS dan PTT Pemkab Tanah Bumbu diinstruksikan memakai pakaian putih menandai puncak event budaya Mappanre Ri Tasi E dimulai, sekaligus ditutup. Lantunan sholawat yang dipimpin Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar menyelaraskan jika event budaya tahunan ini jauh dari sifat kesirikan.

Prosesi puncak sekaligus penutupan dipusatkan di area pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hulu.  Bupati Tanah Bumbu HM,Zairullah Azhar saat membuka acara menyampaikan, budaya Manppanre Ri Tasi E ini adalah milik kita bersama, bukan milik satu orang.

Dia mengatakan tidak ada lagi pesta laut yang mengandung syirik, tapi warisan budaya ini tetap dipèrtahankan sebagai warisan nenek moyang terdahulu.

“Budaya Manppanre Ri Tasi E adalah milik kita bersama bukan milik satu orang”, ucap Zairullah.

Usai menyampaikan sambuatan Bupati Tanah Bumbu beserta rombongan,  langsung menuju kapal yang telah disiapkan. Kapal  ini telah sandar di pelabuhan untuk membawa rombongan Bupati dan Sandoro melakukan prosesi puncak kegitan. Puluhan kapal besar disiapkan, itu tak termasuk jumlah kapal kecil dan juga seed boat. Suasana pantai pun  menjadi  ramai, tak ketinggalan Pol Airud  bersiaga untuk  menjaga kemungkinan yang  tidak diinginkan.

Tiba pada titik telah ditentukan, iring iringan kapal yang ditumpangi Zairullah beser Istri dan rombongan berhenti. Jangkar kapal dilabuhkan dan ucapan doa mohon keselamatan dibacakan. Dan setelahnya hidangan yang sudah disiapkan pun dibagikan.

Bupati  dan rombongan menyantap dan menikmati bersama sama. Event Budaya Tahunan Mappanre Ri Tasi E tahun 2022 ini memang telah jauh berubah. Kegiatan tahunan seperti ini telah meninggalkan berapa prosesi yang dinilai secara Islam mengandung kesirikan.(wan)

Editor: Agus Salim

Di Posting 23/05/2022 8:23 AM by Agus Salim

 505 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *