Connect with us

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Harapkan BPD dan Kepala Desa Terus Bersinergi

Wakil Ketua DPRD Barito Selatan Enung Irawati

BUNTOK, RILISKALIMANTAN.COM- DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, berharap jajaran Badan Permusyawaratan Desa (BPD), khususnya yang baru dilantik, dapat bersinergi dengan kepala desa.

Wakil Ketua DPRD Barito Selatan Enung Irawati mengatakan, BPD dengan kepala desa harus bersinergi dan kompak dalam pelaksanaan roda pemerintahan di desanya.

“Dalam pelaksanaan roda pemerintahan diharapkan BPD dan kepala desa jangan berjalan sendiri-sendiri,” katanya saat dihubungi melalui telepon selulernya, di Buntok, Selasa (31/5/2022).

Sebab, lanjutnya, desa yang kuat karena semua kompak. dan sinergi dan kekompakan itu merupakan kunci dalam pelaksanaan roda pemerintahan dan pembangunan di masing-masing desa.

Untuk itu, dalam proses pembangunan, semuanya harus dilibatkan, baik tokoh masyarakat dan lainnya yang ada dimasing-masing desa tersebut.

Hal tersebut menurut Enung Irawati, dilakukan dalam upaya untuk menyatukan pemikiran, serta menyamakan persepsi dalam mencapai pembangunan yang merata disetiap desa.

“Karena, tujuan utama pembangunan desa adalah memastikan pelayanan pemerintah desa berjalan dengan baik dan lancar,” ucap politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Hal itu, menurut Enung Irawati, dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar.

“Termasuk pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan,” tambahnya.

Dengan adanya sinergi dan kekompakan tersebut, sehingga pelaksanaan pembangunan di desa dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan harapan dan keinginan bersama masyarakat di desanya masing-masing.

Selain itu, Enung juga berharap, agar setiap desa dapat menghidupkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan terus mengali sumber-sumber pendapatan bagi desanya masing-masing.

“Pengembangan BUMDes itu dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang mampu dengan merekrut generasi muda pada setiap desa yang sudah menamatkan kuliahnya,” demikian Enung Irawati.(HBI)

Editor : Andi

Di Posting 31/05/2022 9:43 PM by Andi

 894 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *