Connect with us

DPRD Kalteng

Boleh Lepas Masker, Jangan Abai Protokol Kesehatan

Anggota DPRD Kalteng Kuwu Senilawati

PALANGKA RAYA, RILISKALIMANTAN.COM- Saat ini pandemi Covid-19 di Indonesia secara umum dan khususnya Kalteng sudah melandai, sehingga pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan, seperti boleh melepas masker di ruang terbuka.

Namun tidak serta merta masyarakat bebas dan abai terhadap beberapa syarat yang masih tetap harus ditaati pada kebijakan itu, karena meski melandai Covid-19 belum sepenuhnya berakhir.

“Masyarakat harus bisa membiasakan diri dengan protokol kesehatan apapun keadaannya sekarang. Sebab, kondisi baik ini harus dijaga supaya kita bisa memulai aktivitas ekonomi dengan lancar, dan pembangunan kembali berjalan sebagaimana mestinya,” kata anggota DPRD Kalteng Kuwu Senilawati, Minggu (5/6/2022).

Ia menyebut kebijakan pemerintah seperti menurunkan level PPKM hingga pelepasan masker merupakan kabar baik. Tapi hal baik tersebut harus disikapi dengan bijak oleh masyarakat. Pasalnya, upaya pengendalian pandemi tidak lepas dari peran aktif masyarakat.

“Meski pemerintah sudah tidak membatasi aktivitas, tapi masyarakat yang harus sadar untuk mengetatkan diri terhadap protokol kesehatan. Jangan sampai, dengan aturan yang sudah longgar kita juga mengabaikan protokol kesehatan, sehingga penyebaran Covid-19 yang sudah terkendali ini kembali meningkat lagi, tentu kita tidak ingin itu terjadi,” tuturnya.

Ia juga meminta kepada pemerintah daerah supaya bisa tetap melakukan pengawasan terutama di tempat publik yang rentan menimbulkan keramaian serta kerumunan, termasuk melengkapi sarana dan prasarana pendukung protokol kesehatan.

“Saya yakin pemerintah sudah mengkaji dengan sebenar-benarnya terkait berbagai kebijakan yang dikeluarkan, terumasuk dalam implementasinya. Tapi juga patut dilakukan tindakan pencegahan dengan tetap menyediakan sarpras protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan dan lainnya di area publik yang memang rawan,” tukasnya.(rls)

Editor : Andi

Di Posting 06/06/2022 1:38 PM by Andi

 827 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *