Connect with us

Balangan

Kabupaten Balangan Jadi Tuan Rumah Bahtsul Masail Al Ummah Se-Kalsel

BAHSTUL MASAIL: Kegiatan Bahtsul Masail Al Ummah Se-Kalimantan Selatan, bertempat di Aula Benteng Tundakan Kecamatan Paringin Selatan, Jumat (24/6/2022).(foto:infopublik.id)

PARINGIN, RK – Kabupaten Balangan menjadi tuan rumah Bahtsul Masail Al Ummah Se-Kalimantan Selatan. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dihadiri langsung oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi, bertempat di Aula Benteng Tundakan Kecamatan Paringin Selatan, Jumat (24/6/2022).

Bahtsul Masail sendiri dapat diartikan sebagai forum yang membahas masalah yang belum ada dalilnya atau belum ketemu solusinya. Masalahnya bisa meliputi keagamaan, ekonomi, politik, budaya, dan masalah-masalah lainnya yang tengah berkembang di masyarakat.

Kegiatan Bahtsul Masail yang diselenggarakan kerjasama antar UIN Banjarmasin dengan MUI, Pemkab Balangan digelar selama dua hari dari tanggal 24 hingga 25 Juni dengan tema “Probelematika dan Strategi Pembinaan Mualaf di Daerah Pedalaman”.

Bupati Balangan H Abdul Hadi mengatakan, penduduk Balangan sekitar 132 ribu jiwa, 94,5 persen muslim dan sebagian adalah muallaf.

Ia juga menyebut, berkat kerjasama dengan beberapa pihak, Balangan bisa memiliki kampung muallaf, di Kecamatan Halong sejak 2013.

“Hadirnya kampung muallaf tidak otomatis menjawab segala persoalan. Terutama menghadapi permasalahan kontemporer,” ujarnya.

Bagi Abdul Hadi, muallaf tetap perlu dukungan, ayoman serta bimbingan, dan ia berharap melalui kegiatan ini mampu menemukan solusi yang tepat untuk para muallaf.

Adapun di hari kedua kegiatan sarasehan dengan pembahasan seputar muallaf yang juga bertempat di Aula Benteng Tundakan. Hadir sebagai narasumber Dr. H. Sukarni, M. Ag dengan materi Problematika Muallaf dalam Perspektis Hukum Islam, H. Hafiz, M.Pd tentang Peta Muallaf di Kab. Balangan, M. Rif’at, M.Ag tentang Strategi Dakwah di Komunitas Muallah, Sahwani, SH tentang Strategi Pembinaan Muallaf di Lembaga Formal, dan Badarudin, S.Pd tentahg Pembinaan Pendidikan Muallaf di Ponpes.(rls/infopublik.id)

Editor: Sandi Firly

Di Posting 25/06/2022 3:33 PM by Sandi Firly

 129 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *