Connect with us

DPRD Kalsel

Gandeng RSUD Ulin dan RSGM Hasan Aman, Paman Yani Pastikan Pemprov Kalsel Hadir Hingga Pelosok

Paman Yani Gelar Baksos Kesehatan di Kawasan Pesisir Kalsel

KOTABARU, RILISKALIMANTAN.COM- Kepedulian terhadap masyarakat di wilayah pesisir, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi menggelar bakti sosial (baksos) berupa sunatan massal, pengobatan gratis, dan penyuluhan kesehatan gigi pada anak serta sikat gigi bersama di Kabupaten Kotabaru, Sabtu (23/7/2022).

Baksos ini bekerjasama dengan Pemprov Kalsel melalui Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Gusti Hasan Aman dan RSUD Ulin Banjarmasin dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalsel dan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

SDN Sarang Tiung, SDN Gedambaan, serta Pantai Gedambaan di Kecamatan Pulau laut Utara, Kabupaten Kotabaru, menjadi sasaran pelaksanaan baksos ini.

“Penyuluhan kesehatan gigi merupakan kegiatan yang sangat positif karena dapat memberikan edukasi kepada anak-anak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut,” ujar Muhammad Yani Helmi.

Kerusakan gigi, menurutnya, telah banyak menjadi penyebab terhentinya cita-cita anak-anak di Banua. Misalnya, keinginan untuk menjadi seorang polisi, tentara, atau profesi lainnya harus terhenti hanya karena kerusakan pada gigi.

“Kalau SDM atau skill anak Banua dijamin bersaing,” ucap pria yang disapa Paman Yani ini

Direktur RSGM Gusti Hasan Aman drg Teguh Hadianto menyampaikan apresiasi positif terhadap kegiatan ini sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat.

“Bidang kami tentu ingin memberikan pelayanan berupa menyehatkan gigi dan mulut masyarakat,” katanya.

Teguh menegaskan pentingnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sebagai investasi jangka panjang dari sisi kesehatan.

“Kesehatan gigi dan mulut merupakan cerminan kesehatan tubuh. Apabila kesehatan gigi dan mulut jelek, otomatis kesehatannya juga jelek karena makanan melewati mulut,” tegasnya.

Kebahagiaan semakin nampak di wajah Paman Yani saat dimulainya aksi bakti sosial berupa sunatan massal. Ia menyebut kegiatan ini akan menjadi sejarah bagi anak-anak yang tidak lama lagi akan beranjak dewasa. Sehingga sangat diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Kita minta Pemprov Kalsel memikirkan untuk melaksanakan kegiatan ini secara berkelanjutan. Kalau diperlukan dukungan dari Komisi II DPRD Kalsel, kami siap membantu,” paparnya.

Terlaksananya kegiatan ini, ujar Paman Yani, membuktikan Pemprov Kalsel tidak hanya terpusat di kawasan perkotaan saja tapi hingga pelosok. Kegiatan ini sudah sering dilaksanakan dan menjadi komitmen oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Menariknya kegiatan kali ini seluruh peserta mendapatkan layanan ektra berupa antar jemput dari relawan Sekenceng.

Kepala Bidang Keperawatan RSUD Ulin Banjarmasin Muhammad Aini mengaku sangat mendukung kegiatan ini. Pihaknya dua dokter, satu apoteker, delapan paramedis kamar operasi, empat tenaga kedaruratan, serta serta staf lainnya.

“Sebagai bagian dari Pemprov Kalsel yang selalu memberikan pelayanan terhadap masyarakat, kami juga ambil bagian untuk memberikan pelayanan kesehatan hingga kabupaten yang berada di pelosok di Kalsel,” ucapnya.

Baksos dengan tema Saijaan (Semufakat, Satu Hati, dan Seiya Sekata), Paman Yani berharap agar edukasi ini dapat dipahami dengan baik sedini mungkin.

Sunatan massal ini diikuti 118 anak dari sekitaran Pantai Gedambaan. 76 peserta pengobatan gratis, serta ratusan siswa-siswi di dua sekolah yang mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan gigi pada anak serta sikat gigi bersama.

Selain memberikan pelayanan berupa baksos, Paman Yani juga membagikan bingkisan kepada seluruh peserta berupa alat tulis, perlengkapan sholat, serta uang tunai untuk para peserta.(okta)

Editor : Andi

Di Posting 24/07/2022 10:23 AM by Andi

 1,229 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *