Connect with us

Banjarbaru

Tingkatkan Profesionalisme, Diskominfo Banjarbaru Gelar Bimtek bagi Admin SIP-PPID

BIMTEK: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Asep Saputra, S.Kom., MM saat memberikan materi Satandar Layanan Informasi Publik (SLIP). (foto:medcenbjb)

BANJARBARU, riliskalimantan-  Untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi para admin SIP-PPID, khususnya dalam menyusun Daftar Informasi Publik dan pelayanan informasi sebagai acuan bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek), Senin (8/8/2022).

Bimtek Penyusunan Daftar Informasi Publik bagi para admin Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (SIP-PPID) yang dilangsungkan di Aula Gawi Sabarataan Balai Kota ini diikuti para admin SKPD, Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Banjarbaru, serta pada bagian Setdako Banjarbaru.

Para peserta juga diberikan panduan praktis mengenai tata cara melakukan identifikasi dan klarifikasi informasi publik yang berada dalam penguasaannya termasuk menentukan jenis informasi yang dikecualikan.

Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono saat membuka bimtek mengatakan, informasi publik merupakan hak masyarakat yang harus dipenuhi sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik.

“Semoga setelah diadakan bimtek ini, dalam pelaksanaan SIP-PPID ke depannya bisa berjalan dengan baik, terutama tingkat SKPD-SKPD,” katanya.

Wartono juga menyampaikan bimtek penyusunan daftar informasi publik yang dilaksanakan dapat menjadi pedoman bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

“Semoga output dari bimtek ini bisa melakukan transparansi dari segala bidang, good governanceopen governance dan sebagainya. Jadi tingkat SKPD ini benar-benar bisa mendalami peran dan fungsi didalam SIP-PPID ini,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru sekaligus sebagai narasumber bimtek SIP-PPID, Asep Saputra, S.Kom., MM menjelaskan, bimtek ini untuk menyamakanpersepsi, visi dan misi bagi para admin SIP-PPID se-Kota Banjarbaru.

“Dengan bimtek ini diharapkan peserta lebih profesional dalam rangkaian untuk pengelolaan SIP-PPID di dinas masing-masing atau yang dikelola oleh mereka,” ucapnya.

Asep melanjutkan, seiring dengan pengelolaan informasi publik ini tidak luput dengan adanya Satu Data yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru.

“Data yang kita kelola itu pun nantinya terintegrasi semua, sehingga dengan adanya Satu Data nanti ke depan semua lingkup informasi data-data yang masuk dalam sektoral itu akan lebih dinamis lagi. Sehingga peran teman-teman PPID lebih maksimal lagi ke depannya dengan didukung oleh Satu Data,” imbuhnya.

Salah satu peserta bimtek SIP-PPID dari DKP3 Kota Banjarbaru Dani merasa banyak mendapatkan pengetahuan tentang informasi public dalam acara bimtek ini. “Harapannya para admin dapat memahami apa saja informasi yang bisa diupload pada aplikasi SIP-PPID tersebut. Dan informasi mana saja yang dikecualikan untuk tidak diupload,” tuturnya.

Dalam upaya memenuhi kewajiban Badan Publik, salah satunya dengan menyediakan Daftar Informasi yang merupakan catatan berisi keterangan sistematis tentang seluruh informasi publik yang berada di bawah penguasaan Badan Publik. Daftar Informasi Publik digunakan untuk membantu penyusunan database informasi, serta untuk mempermudah masyarakat saat mencari informasi.

Diharapak, sesuai misi ketiga Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru untuk mewujudkan tata kelola Pemerintah yang amanah, terjadi reformasi birokrasi yang optimal, dan diarahkan untuk meningkatkan pelayanan publik yang semakin transparan, partisipatif, inovatif dan akuntabel. (rls/medcenbjb)

Editor: Sandi Firly

 

Di Posting 09/08/2022 9:27 AM by Sandi Firly

 123 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *