Connect with us

Kalsel

Batiti Adat Banua Harat, Basuluh Iman Banua Tarang

BANJARMASIN, RILISKALIMANTAN.COM- DPRD Kalsel, Rabu (10/8/2022), menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalsel.

Ketua DPRD Kalsel H Supian HK mengatakan, seluruh pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan Dirgahayu Provinsi Kalimantan Selatan.

Tahun ini, lanjutnya, Hari Jadi Provinsi Kalsel bertema “Batiti Adat – Banua Harat. Basuluh Iman – Banua Tarang”. Dengan tema tersebut, ia meminta segenap masyarakat Kalimantan Selatan membangun dan menjaga provinsi ini.

“Adat dan budaya banua harus kita jadikan pijakan dalam menjalani arus zaman sekarang sebagai dasar untuk mengembangkan daerah kita menuju Kalsel berdaya saing, maju, dan hebat, serta membawa kita ke gerbang cahaya penuh iman, berkah dari Allah SWT,” katanya.

Diungkapkannya, rapat paripurna ini merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2022, yang puncaknya akan diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Menurutnya, rangkaian peringatan ini tak lain sebagai wujud gelora DPRD Provinsi Kalimantan Selatan untuk selalu mengenang para pendahulu yang telah berjasa, berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan sampai kepada pembentukan Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, sidang paripurna ini menjadi sangat istimewa, ketika seluruh stakeholder di Provinsi Kalimantan Selatan, mulai dari pemerintah, swasta, hingga segenap elemen masyarakat mampu melaksanakan refleksi betapa setiap waktu yang telah dilewati menjadi sangat berarti.

“Apabila kita mampu berbuat sesuatu yang berguna bagi kemajuan masyarakat dan banua Kalimantan Selatan. harapan kita bersama, refleksi saat ini akan membawa semangat pembenahan dan perubahan yang lebih baik, khususnya menyongsong dan membuktikan Provinsi Kalsel layak dan pantas disebut sebagai gerbang IKN,” tegasnya.

Menurutnya, rentang sejarah 72 tahun pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan, para tokoh pemimpin dan pejuang telah berkarya silih berganti.

Setiap setiap pemerintahan yang berbakti di masa lalu maupun di masa kini, kesemuanya bekerja keras dan bertekad untuk membangun banua ini kearah yang lebih baik, demi mencapai kesejahteraan masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Karenanya, kita patut berbangga kepada para pemimpin dan tokoh pejuang. Kita berikan penghargaan yang tulus atas jasa dan pengabdian mereka, yang berjuang demi pembangunan di Provinsi Kalimantan Selatan, termasuk juga kepada seluruh lapisan masyarakat dan seluruh jajaran pemerintahan di Provinsi Kalimantan Selatan,” katanya.

Ia berharap pengabdian dan hasil karya berharga yang diberikan kepada banua ini, menjadi sumber inspirasi dan kekuatan untuk meneruskan dan mewujudkan Kalsel maju sebagai gerbang IKN.

“Mari kita teguhkan komitmen untuk bersatu dan memberikan karya dan prestasi terbaik bagi banua Kalimantan Selatan. Kita gelorakan semangat bergerak, batiti adat kita tegakkan agar banua harat. Kita sinari kehidupan bermasyarakat di Kalsel dengan suluh iman, sehingga banua Kalsel menjadi terang di segala aspek kehidupan dan pembangunan,” pungkasnya.(okta)

Editor : Andi

Di Posting 10/08/2022 2:39 PM by Andi

 2,214 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *