Connect with us

DPRD Kalteng

Ketua DPRD Kalteng Ingin Syarat Izin WPR Dipermudah

PALANGKA RAYA, RILISKALIMANTAN.COM- Ketua DPRD Kalteng Wiyatno menyarankan pemerintah daerah agar menyediakan lahan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) untuk masyarakat.

Saran itu menyikapi unjuk rasa yang dilakukan masyarakat dari berbagai organisasi se-Kalimantan Tengah yang meminta penghentian penangkapan dan razia penambang tradisional dan pembebasan warga yang ditangkap.

“Dengan adanya WPR maka masyarakat bisa aman dalam menambang emas atau zirkon dan tidak selalu dikejar aparat penegak hukum ketika ada penertiban. Kita tidak bisa juga menyalahkan aparat, karena merupakan tugas mereka menegakkan aturan sesuai undang-undang,” ucap Wiyatno, Kamis (11/8/2022).

Masyarakat, lanjutnya, melakukan penambangan untuk menghidupi keluarganya. Perlu ada solusi terbaik, sehingga bisa mengatasi persoalan yang kerap terjadi selama ini

Masyarakat diimbau supaya dapat mengurus izin WPR ke dinas terkait dan memenuhi yang menjadi persyaratannya.

“Kalau pertambangan rakyat memiliki izin, akan ada nilai tambah dalam rangka meningkatkan PAD. Kami harap pembuatan izin dipermudah karena aktifitas pertambangan rakyat sudah dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat lokal,” tegasnya.(rahman)

Editor : Andi

Di Posting 12/08/2022 1:47 PM by Andi

 1,189 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *