Connect with us

Martapura

Sekda Banjar Paparkan Inovasi KURMA MANIS di Bappeda Kalsel

Sekda Kabupaten Banjar HM Hilman persentasikan Inovasi Daerah Kabupaten Banjar pada lomba inovasi yang diselengarakan Pemprov Kalsel.(foto ist)

BANJARBARU, RILISKALIMANTAN.COM – Mewakili Bupati Banjar H Saidi Mansyur sebagai inovator, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Banjar HM Hilman persentasikan Inovasi Daerah Kabupaten Banjar pada lomba inovasi yang diselengarakan oleh Pemerintah Provisi Kalimantan Selatan, yaitu Kalsel Innovation Award (KIA) Tahun 2022, Kamis (11/08/2022), siang di Aula Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru.

Dalam kegiatan  tersebut, Hilman memaparkan secara langsung salah satu Inovasi Daerah Pemerintah Kabupaten Banjar Kredit Usaha Rakyat Martapura Maju Mandiri Agamis (KURMA MANIS), yang masuk menjadi salah satu nominasi finalis dari 10 inovasi Kabupaten/Kota lainnya di Kalimantan Selatan.

Dengan proses penjurian yang dinilai langsung oleh Koordinastor Bidang Sumber Daya Manusia ,Pusat Litbang Innovasi Daerah Badan Kebijakan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Republik Indonesia Jerry Wely Walo , Asisten Deputi Pengembangan System dan Strategi Kebijakan Pelayanan Publik Kemenpan RB Muhammad Yusuf Kurniawan , Rektor Kepala  Universitas Lambung Mangkurat Dr. Muzdalifah dan Kepala Pusat HKI dan Inovasi Universitas Islam Kalimantan Dr. H Basuki.

Disampaikan Sekda Banjar,  diluncurkannya Program KURMA MANIS bertujuan untuk mendukung pemberdayaan ekonomi terutama untuk usaha mikro di Kabupaten Banjar. Sasarannya pelaku usaha di sektor perdagangan, pertanian, peternakan dan usaha mikro lainnya.

“Agar terealisasi dengan baik Pemerintah Kabupaten Banjar  bekerja sama dengan  PT BPR Martapura Banjar Sejahtera sebagai lembaga penyalur program Kredit Usaha Rakyat Martapura Maju Mandiri Agamis (KURMA MANIS), tentunya dengan bunga 0% dan bebas biaya Administrasi , dengan harapan dapat memajukan pelaku usaha mikro di Kabupaten Banjar,” ujar Hilman.

Dijelaskannya inovasi ini berbeda dengan inovasi di daerah lain karena melibatkan seluruh SKPD sesuai programnya dalam menentukan kreditur agar tepat sasaran dan usaha berkelanjutan sehingga kredit tidak macet dengan pembinaan dan pendammpingan dari SKPD yang bersangkutan.

Pada persentasi Inovasi Daerah Kabupaten Banjar ini, turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Banjar Ikhwansyah, Kepala Bagian Ekonomi Pemerintah Kabupaten Banjar Rina Yulianti , dan Kepala Bidang  Penelitian,Pengembangan dan Inovasi Bappeda Litbang  Kabupaten Banjar Banjar Santi Nurlaila.(BappedalitbangBanjar)

Di Posting 12/08/2022 8:09 AM by Agus Salim

 1,045 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *