Connect with us

DPRD Kalteng

Sirajul Rahman: Perlu Rencana Nyata Atasi Banjir

Anggota DPRD Kalteng Sirajul Rahman

PALANGKA RAYA, RILISKALIMANTAN.COM- Anggota DPRD Kalteng Sirajul Rahman meminta pemerintah daerah di Kalteng dapat memperkuat sinergitas dalam upaya menangani berbagai penyebab terjadinya bencana, khususnya banjir.

Dia mengungkapkan, ada sejumlah penyebab terjadinya banjir yang patut menjadi perhatian, mulai dari pendangkalan sungai sampai alih fungsi lahan.

“Antara pendangkalan sungai dan alih fungsi lahan memiliki keterkaitan. Pendangkalan sungai bisa terjadi akibat pembukaan lahan karena alih fungsi menjadi area perkebunan atau pertambangan. Penyebab inilah yang harus segera ditangani,” ucapnya, Senin (12/9/2022).

Dirinya berharapnpemerintah membuat rencana jangka panjang, sehingga bencana ini tidak terus terjadi.

Menurutnya, apabila tidak memiliki rencana jangka panjang untuk mengatasi persolan itu, maka sangat merugikan bagi daerah setiap kali terjadi bencana banjir. Sebab, hal itu akan berdampak pada perekonomian, pembangunan, kesejahteraan, serta kesehatan masyarakat.

“Penanganan tidak bisa menunggu momen saja. Kalau seperti itu, akan sangat merugikan, tidak hanya masyarakat tapi juga kerugian bagi daerah. Persoalan seperti ini perlu ada solusi jangka panjang dan dipikirkan mulai dari sekarang,” pungkasnya.(rahman)

Editor : Andi

Di Posting 12/09/2022 9:25 PM by Andi

 1,185 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *