Connect with us

DPRD Barito Selatan

Lima Fraksi DPRD Barsel Setuju Pembahasan Raperda APBD Perubahan 2022 Dilanjutkan

BUNTOK, RILIS KALIMANTAN.COM- Lima fraksi DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, menyetujui rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2022 dibahas pada tahap selanjutnya dengan sejumlah catatan.

Hal tersebut disampaikan lima fraksi pendukung dewan dalam rapat paripurna ke XIII masa persidangan III dengan agenda pemandangan umum fraksi, di Buntok, Selasa (13/9/2022).

Adapun lima fraksi itu yakni fraksi PDIP, fraksi Golkar, fraksi PKB, fraksi Nasdem pembangunan berkarya dan fraksi Gerakan Demokrasi Amanat Keadilan.

“Kita menerima APBD-P 2022 untuk dibahas ditahap selanjutnya, dan meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) agar memperbaiki jalan Soekarno Hatta yang mengalami kerusakan,” kata juru bicara Fraksi PDIP DPRD Barsel Jarliansyah.

Karena lanjut dia, akibat rusaknya jalan Soekarno Hatta tersebut, sering terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Disamping itu, ia juga meminta agar Pemkab melaksanakan pasar murah dalam mengendalikan inflasi akibat kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Sedangkan juru bicara fraksi Gerakan Demokrasi Amanat Keadilan, Rahmato Rahman menyampaikan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemkab yang telah membayarkan gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Kita juga meminta kepada pemkab agar mengkoneksikan jaringan listrik disejumlah desa,” pintanya.

Menurut dia, hal itu akibat kontruksi jalan yang rusak dan ada yang sudah dibangun badan jalannya, namun belum bisa dilewati kendaraan roda empat seperti yang berada di wilayah desa Tarusan, Kecamatan Dusun Utara.

Begitu juga lanjut dia, ada wilayah desa yang belum dibangun jembatan penghubung seperti jembatan penghubung antara desa Teluk Sampudau dengan desa Muara Talang, Kecamatan Dusun Selatan.

“Kami juga berharap, pemkab memberikan hadiah hari jadi kepada Ketua RT dan Ketua RW dari Rp 150 ribu menjadi Rp 250 ribu disaat kenaikan BBM saat ini,” kata Rahmato Rahman.

Sementara Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana mengucapkan terima kasih atas diterimanya raperda APBD-P 2022 dibahas pada tahap selanjutnya.

“Untuk catatan fraksi PDIP terkait dengan perbaikan Jalan Soekarno Hatta desa Sababilah memang sudah dianggarkan, dan menunggu penandatanganan kontrak,” jelasnya.

Dalam mengendalikan inflasi, pihaknya akan melaksanakan sejumlah kegiatan yang diantaranya melaksanakan pasar murah, pasar penyeimbang dan pembagian sembako gratis.

Terkait sebanyak 26 desa yang belum teraliri listrik PLN lanjut dia, pada desa tersebut sudah dialiri PLTS terpusat dan sebagiannya lagi sudah menggunakan PLTD.

“Meskipun demikian, kita akan tetap melakukan koordinasi dengan PLN UP2K Palangka Raya untuk menyelesaikan terhadap 26 desa yang belum teraliri listrik PLN itu,” tambah dia.

Sedangkan mengenai usulan menaikan honor Ketua RT/RW dari Rp 150 ribu menjadi Rp 250 ribu masih dilakukan pertimbangan dan memformulasikannya dengan kemampuan keuangan daerah.

Acara rapat paripurna DPRD dengan agenda pemandangan umum fraksi dan tanggapan serta jawaban bupati atas pemandangan umum fraksi tersebut dipimpin Ketua DPRD Barito Selatan HM Farid Yusran.(HBI)

Editor : Andi

Di Posting 14/09/2022 10:12 AM by Andi

 1,203 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *