Connect with us

Seni Budaya

Wikimedia Gandeng Kampung Buku Gelar Kegiatan Literasi

LITERASI: Kegiatan pelatihan menulis di Kampung Buku yang diselenggarakan oleh Wikimedia, Sabtu (17/9/2022). (foto: hajri)

BANJARMASIN, RILISKALIMANTAN.COM- Sejak pagi, Sabtu (17/9/2022), Kampung Buku sudah diramaikan oleh mahasiswa, pegiat literasi dan penulis fiksi yang datang dari Banjarmasin dan sekitarnya–Banjarbaru, Martapura dan Pelaihari.

Mereķa, 17 orang, menghadiri kegiatan literasi yang diselenggarakan oleh Wikimedia bekerjasama dengan Kampung Buku (Kambuk).

Acara dibuka oleh Elis, staf Wikimedia dari Jakarta, mengenalkan sedikit tentang Wikimedia/Wikibuku dan informasi terkait kegiatan, dimulai pukul 10.30 Wita.

“Program ini selain pelatihan menulis karya fiksi (cerpen), juga ada kompetisi karya, serta bagaimana bergabung menjadi kontributor Wikibuku,” ujarnya.

Selain mengenalkan diri dan lembaga yang menaunginya, Elis juga mengajak peserta pelatihan saling berkenalan. Dari perkenalan ini terkemuka bahwapara pserta dari latar belakang yang beragam, ada yang memang sudah berprofesi sebagai penulis fiksi; ada mahasiswa Ushuluddin UIN Antasari dan sudah menerbitkan puisinya dalam antologi bersama dan pernah menulis novel, ada mahasiswa akuntansi yang mengambil matakuliah penulisan kreatif, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang sering mendapat tugas menulis fiksi, ada yang sekadar menemani kawannya, mahasiswa fakultas hukum, juga dari komunitas film (FSB), Gusdurian Banjarmasin, dsb.

Materi pertama mulai disampaikan oleh Hajriansyah, penulis dan Ketua Dewan Kesenian Banjarmasin. Hajri menjelaskan paparannya yang dibingkai dengan judul “Mengembangkan Pengalaman, Menulis Kehidupan”.

“Pengalaman hidup kita sendiri bisa menjadi bahan ide untuk menulis sebuah cerita,” ucapnya.

Dalam paparannya ia juga menjelaskan langkah-langkah umum dan yang khusus tentang menulis, termasuk kesulitan serta kendala penulisan. Terakhir, ia membuka tanya jawab terkait pengalaman menulis para peserta. Dalam sesi inilah muncul kendala-kendala personal mereka dalam menulis, yang kemudian didiskusikan Hajri bersama para peserta.

Acara dijeda istirahat dan makan siang. Pukul 13.30 acara dilanjutkan kembali dengan paparan dari Dimas, staf Wikibuku yang lain. Ia menjelaskan tentang program dan kemudian langsung membimbing peserta untuk menjadi bagian dari (kontributor) Wikibuku, melalui sekian langkah yang langsung dipraktekkan oleh para peserta menggunakan laptop dan hape pintar mereka.

Di akhir, acara ditutup dengan ngopi bersama kopi lokal Kalimantan Selatan oleh Toko Kopi Prabayaksa, yang merupakan bagian dari Kampung Buku Banjarmasin. Acara berakhir pukul 15.00 Wita.(rls)

Editor: Sandi Firly

Di Posting 19/09/2022 7:31 PM by Sandi Firly

 153 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *