Connect with us

Ekonomi

Pemprov Kalsel Siapkan Belasan Miliar Rupiah Disiapkan untuk Belanja Wajib Perlindungan Sosial

BANJARMASIN, RILISKALIMANTAN.COM- Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022 menegaskan pemerintah daerah akan menganggarkan belanja wajib perlindungan sosial sebesar 2 persen dari Dana Transfer Umum (DTU).

Besaran 2 persen DTU dihitung sebesar penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) Oktober hingga Desember 2022 dan penyaluran Dana Bagi Hasil (DBH) triwulan ke IV tahun 2022.

Sementara, belanja wajib perlindungan sosial pada APBD digunakan untuk bantuan sosial, termasuk untuk ojek, UMKM, dan nelayan, penciptaan lapangan kerja, serta subsidi transportasi umum.

Selain belanja wajib perlindungan sosial dari DTU, pemerintah pusat memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM sebesar Rp150.000 untuk 20,6 juta keluarga penerima manfaat selama 4 bulan, yakni September hingga Desember, yang diberikan dua kali masing-masing Rp 300.000.

Kemudian, pemerintah pusat memberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimum Rp 3,5 juta per bulan sebesar Rp 600.000.

Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripuddin meminta agar data penerima BLT diupdate kembali agar bantuan yang diberi tepat sasaran.

“Kami imbau SKPD yang melakukan pendataan agar benar-benar menjalankan tugasnya. Saya masih menerima laporan ada PNS yang menerima BLT. Ini harus diperbaiki,” tegas Bang Dhin.

Untuk Kalsel, dana yang disiapkan untuk belanja wajib perlindungan sosial lebih dari Rp 18 miliar.

Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar menegaskan SKPD yang berhubungan dengan pendataan masyarakat yang berhak menerima bantuan sosial agar tepat sasaran.

“Memang, yang menyalurkannya adalah Kementerian Sosial melalui PT Pos Indonesia. Kita berharap tepat ssaran,” kata Roy.(okta)

Editor : Andi

Di Posting 20/09/2022 8:30 PM by Andi

 1,082 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *