Connect with us

Politik

Komite 1 DPD RI Tidak Bertemu Ketua DPRD Kalsel, Pertemuan Terkait DOB Gambut Raya Gagal

BANJARMASIN, RILISKALIMANTAN.COM- Kalangan Komite I DPD RI kecewa dengan Ketua DPRD Kalsel yang tidak bisa menemui mereka, Kamis (22/9/2022).

Rencananya, pertemuan tersebut guna membahas pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Gambut Raya.

Diwacanakan ada beberapa kecamatan yang akan memisahkan diri dari Kabupaten Banjar dan berencana mendirikan DOB, yakni Gambut, Sungai Tabuk, Kertak Hanyar, Aluh-Aluh, Beruntung Baru, dan Tatah Makmur.

Wakil Ketua 1 Komite 1 DPD RI Pangeran Syarif Abdurrahman Bahasyim mengakui kekecewaan pihaknya terkait ketidakhadiran Ketua DPRD Kalsel.

Diungkapkannya, Ketua DPRD Kalsel yang juga Ketua Umum Panitia Penuntutan Pemekaran Gambut Raya pernah meminta advokasi pembentukan Gambut Raya kepada pihaknya.

“Ternyata Ketua DPRD Kalsel tidak bisa menemui kami. Padahal saya sudah membawa Ketua Komite 1 DPD RI Andiara Aprilia Hikmat, padahal beliau ada kesibukan,” keluhnya.

Habib Banua mengakui belum ada usulan terkait pembentukan daerah otonom baru Gambut Raya yang memisahkan diri dengan Kabupaten Banjar.

Pihaknya ingin mendengar secara langsung, baik dari masyarakat maupun pemerintah daerah, terkait wacana pembentukan DOB Gambut Raya.

“Konkretkan dulu di daerah. Kalau sudah selesai sampaikan kepada kami dan pemerintah pusat. Kami siap mengawalnya,” katanya.

Anggota DPRD Kalsel Gusti Abidinsyah mengakui Ketua DPRD Kalsel sedang melaksanakan tugas luar, dan meminta dirinya guna bertemu dengan Komite 1 DPD RI.

“Sudah dicoba mediasi dengan DPD RI, namun mereka tetap meminta bertemu dengan Ketua DPRD Kalsel,” katanya.

Terkait Gambut Raya, ia mengatakan, bukan tidak ada usulan, tapi sedang berproses. Sudah disampaikan agar ada rekomendasi dari DPRD Banjar dan Bupati Banjar.

“Tapi hingga sekarang belum ada tanggapan dari DPRD dan Bupati Banjar. Kami sebagai tim penuntut merasa kecewa karena merasa diremehkan. Padahal ini usulan dari masyarakat,” tegasnya.

Kalau sudah rampung, lanjutnya, tinggal di tingkat provinsi. “Kalau secara penelitian sudah siap. Gambut Raya siap jadi DOB. Kalau sudah ada rekomendasi maka akan segera diusulkan,” katanya.(okta)

Editor : Andi

Di Posting 22/09/2022 3:19 PM by Andi

 3,034 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *