Connect with us

Uncategorized

Laksanakan WCD 2022, Balangan Kampanyekan Gerakan Pilah Sampah dari Rumah

RAMAI: Kegiatan WCD Tahun 2022 dengan mengkampanyekan Gerakan Pilah Sampah dari Rumah di Terminal Paringin - Foto Dok

PARINGIN, RILISKALIMANTAN.COM– Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Balangan ikut serta berpartisipasi melaksanakan World Claenup Day (WCD) Tahun 2022 dengan mengkampanyekan Gerakan Pilah Sampah dari Rumah, Minggu (25/9/2022) lalu di Terminal Paringin.

Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan acara Family Fun Day tersebut, bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya melakukan pengelolaan sampah sehingga tumbuh kesadaran untuk berperan serta dalam melakukan penggeloaan dan pemgurangan sampah.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pertanahan dan LH Balangan Musa Abdullah menjelaskan, bahwa gerakan pilah sampah dari rumah rangkaian pelaksanaannya dimulai dengan melakukan aksi bersih-bersih yang berlokasi dititik titik fasilitas umum di Kota Paringin, diantaranya di Jalan A Yani, Terminal Paringin dan Pasar Paringin dengan melibatkan masyarakat, unsur pemerimtah dan swasta.

“Setelah aksi bersih-bersih, selanjutnya dilakukan kegiatan penukaran sampah yang sudah terpilah dengan botol minum (tumbler) dan kantong belanja ramah lingkungan. Kami berharap, kegiatan ini dapat berdampah positf dengan tumbuhnya kesadaran di masyarakat untuk melakukan pengelolaan sampah terutama mengurangi sampah mulai dari sumbernya sehingga, dapat tercapai Balangan yang bersih dan bebas sampah,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Pertanahan dan LH Kabupaten Balangan Dessy Reyhanie juga menambahkan bahwa pada kegiatan Pilah Sampah dari Rumah tersebut, pihaknya juga menggandeng PT Adaro Indonesia, PT Buma, dan PT Balangan Coal, yang menyediakan 400 buah tumbler dan baliho-baliho kampanye edukasi.

“Dengan kampanye memilah sampah dari rumah ini mudah-mudahan kedepannya membuat masyarakat makin sadar bahwa sampah yang dihasilkan itu tanggung jawab bersama, bukan hanya dilakukan pemerintah. Dan ini juga sejalan dengan Program Pemerintah Kabupaten Balangan dalam hal pengurangan dan penanganan sampah,” bebernya.

Adapun WCD adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan serentak di 191 negara di dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah.

Pada tahun 2022 ini, kegiatan WCD di Indonesia mengusung tema “Kami 13 juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah”. Tema ini diangkat sebagai wujud semangat persatuan menuju Indonesia Bersih melalui jaringan leaders, partners, dan seluruh masyarakat dalam kampanye #kami13juta, yang diharapkan sebanyak 13 juta relawan atau lima persen dari populasi masyarakat Indonesia dapat turut serta pada aksi tahun ini dan menjadi salah satu bagian dari sejarah aksi gotong royong pungut sampah terbesar di dunia.(rls)

Editor: Arief Syarkawie

Di Posting 26/09/2022 8:27 PM by Arief Syarkawie

 5,768 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *