Connect with us

DPRD Kota Banjarmasin

Angkat Tema Banjarmasin Baiman Bauntung Batuah, Peringatan Hari Jadi Ke-496 Kota Banjarmasin jadi Momentum Kuatkan Sinergitas Legislatif dan Eksekutif

PARIPURNA: Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Harry Wijaya saat memimpin kegiatan paripurna Harjad Kota Banjarmasin ke 496 tahun - Foto Dok

BANJARMASIN, RILISKALIMANTAN.COM- Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin menjadi rangkaian kemeriahan peringatan Hari Jadi Ke-496 Kota Banjarmasin yang digelar, Senin (26/9/2022) di Calamus Ballroom Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Tahun ini, Rapat paripurna dengan agenda penyampaian pidato Wali kota Banjarmasin berbeda dengan peringatan yang dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya. Rapat Paripurna biasanya digelar tanggal 23 September atau sehari sebelum puncak peringatan Harjad Kota Banjarmasin yang jatuh setiap 24 September.

Pada tahun ini juga, untuk pertama kalinya Rapat Paripurna tidak dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Banjarmasin. Hal itu dikarenakan tengah berjalan proyek pembangunan gedung baru DPRD Banjarmasin, tepat di samping gedung lama.

Harjad Kota Banjarmasin tahu ini mengangkat tema “Banjarmasin Baiman Bauntung Batuah”, yang diharapkan menjadi refleksi usia Ke-496 Banjarmasin.

Ketua DPRD Banjarmasin H. Harry Wijaya SH, MH mengharapkan, diusia Ke-496, sinergitas legislatif dan eksekutif lebih ditingkatkan, demi mencapai tujuan mensejahterakan warga Banjarmasin.

Tiga tugas utama DPRD Banjarmasin yakni budgeting, pengawasan, dan legislasi lanjut Harry Wijaya, diharapkan dapat menjalankan tugasnya secara maksimal. Pemkot Banjarmasin selaku eksekutif juga diharapkan menjalin komunikasi yang baik dengan legislatif.

Momentum peringatan Harjad Banjarmasin diharapkan dapat dijadikan inspirasi dan sebagai motivasi untuk lebih berbuat yang terbaik lagi dalam rangka peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya warga Kota Banjarmasin.

“Dengan keseimbangan ini, kita harap dapat membawa hasil yang memuaskan untuk pembangunan Banjarmasin kedepan,” ujarnya.

Kemudian tahun 2023 nanti menjadi pembuktian terhadap apa yang sudah dihasilkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

“Kami sangat menyadari masyarakat menaruh harapan besar, agar pembangunan kota ini menuju perubahan kearah lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin H. Ibnu Sina dalam pidatonya menyampaikan, memasuki tahun kedua periode kedua kepemimpinannya, beragam program pembangunan telah dilaksanakan, selama kurun waktu tersebut, dan masih ada pekerjaan yang akan terus dilaksanakan.

Maka dari itu, dirinya mengajak semua pihak agar bekerja sama, Kayuh Baimbai untuk membangun Kota Banjarmasin yang tercinta, menjadi Banjarmasin Baiman, Barasih Wan Nyaman, dan lebih Bermartabat.

“Untuk kita ketahui bersama, bahwa Banjarmasin tahun ini menjadi tuan rumah Rakerwil V Apeksi Regional Kalimantan. Momentum Apeksi tersebut diselenggarakan bertepatan dengan pelaksanaan Hari Jadi Ke-496 Kota Banjarmasin,” bebernya.

Oleh karena itu dirinya juga mengajak seluruh komponen masyarakat agar menjadikan Hari Jadi Ke-496 Kota Banjarmasin tahun 2022 ini sebagai momentum untuk memicu dan terus memacu semangat, serta menjadi motivasi untuk bersinergi membangun Kota Banjarmasin lebih baik lagi.

Selain itu ia juga berharap kepada pimpinan SKPD dan anggota Dewan agar bekerja sama dengan baik, serta seluruh masyarakat dan warga kota juga sangat dibutuhkan dalam memberikan kontribusi bagi percepatan pembangunan di Kota Banjarmasin.

“Boleh tua kotanya, tapi dinamika kehidupan masyarakat kotanya harus tetap mengikuti perkembangan zaman,” tutupnya.(Hdr)

Editor: Arief Syarkawie

Di Posting 27/09/2022 11:54 AM by Arief Syarkawie

 5,963 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *