Connect with us

DPRD Kalteng

Kalteng Perlu Gencarkan Program Padat Karya

PALANGKA RAYA, RILISKALIMANTAN.COM- Padat karya merupakan kegiatan pembangunan yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia jika dibandingkan dengan tenaga mesin. Tujuan utama dari program padat karya adalah untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat, terutama yang mengalami kehilangan penghasilan atau pekerjaan tetap.

Padat karya merupakan kegiatan pembangunan proyek yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia jika dibandingkan dengan tenaga mesin. Menggunanakan tenaga manusia dalam jumlah besar.

Tujuan utama dari program padat karya adalah untuk membuka lapangan kerja bagi keluarga-keluarga miskin atau kurang mampu yang mengalami kehilangan penghasilan atau pekerjaan tetap.[2] Proyek padat karya merupakan program pemerintah melalui bappenas untuk memberi lapangan kerja terutama yang kehilangan pekerjaan pada masa sulit.

Pengembangan industri padat karya sangat tepat karena karena pada saat ini di Indonesia banyak melimpahnya sember daya manusia yang tidak berketrampilan. Sehingga dapat menggurangi angka pengangguran. Salah satu contoh bentuk dari pekerjaan padat karya adalah pekerjaan kontruksi seperti perbaikan jalan, saluran, dan sebagainya. Yang selama ini jarang atau tidak mungkin dimasuki oleh pekerjaan perempuan.

Masalah yang dihadapi dalam program kerja padat karya adalah faktor upah yang ideal bagi seorang pekerja. Dalam mendorong pembangunan pemerintah harus lebih mementingkan proyek-proyek padat karya agar kegiatan tersebut dapat mendorong kepentingan golongan ekonomi rendah. Program penciptaan kerja padat karya cendrung menguntungkan pekerja pria ketimbang perempuan.

Anggota DPRD Kalteng Maryani Sabran mengatakan, dalam rangka mengurangi pengangguran, pemerintah daerah diharapkan memperbanyak program padat karya. Sebab, lanjutnya, program padat karya yang bisa menyerap tenaga kerja supaya diperbanyak oleh pemerintah guna untuk mengurangi pengangguran bahkan kemiskinan.

Dia menjelaskan pengangguran dan kemiskinan merupakan salah satu yang perlu diperhatikan pemerintah saat ini. Untuk Kalteng sendiri tingkat pengangguran masih tergolong tinggi dan hal itu mengakibatkan tingkat kemiskinan juga turut mengalami kenaikan.(rls/bn)

Di Posting 27/09/2022 3:16 PM by Andi

 1,179 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *