Connect with us

DPRD Kalteng

Ketua DPRD Kalteng Ingin Ada Pemetaan Wilayah Rawan Bencana

PALANGKA RAYA, RILISKALIMANTAN.COM- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan maju lebih awal dibandingkan normalnya. Musim hujan diprediksi maju pada September 2022.

Normalnya puncak musim hujan terjadi di Desember 2022 hingga Januari 2023. BMKG menerangkan fenomena La Nina diperkirakan akan terus melemah dan menuju netral pada periode Desember 2022-Januari 2023. Selain itu, fenomena IOD (Indian Ocean Dipole) juga diperkirakan akan tetap negatif hingga November 2022.

BMKG mengimbau seluruh kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah dan stakeholder serta masyarakat untuk tetap mewaspadai wilayah-wilayah yang akan memasuki musim hujan lebih awal/maju dibanding normalnya.

Terutama terhadap kemungkinan dampak musim hujan dengan menyiapkan penanganan dan mitigasi kemungkinan terjadinya bencana, terutama di wilayah yang rentan terhadap bencana banjir.

Pemerintah daerah dapat lebih optimal melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan normalisasi aliran sungai, daerah tampungan air, dan drainase beserta fasilitas penunjang lainnya. Selain itu, pemerintah dapat melakukan penyuluhan pembuatan daerah dan sumur resapan di sekitar pemukiman rawan terdampak bencana banjir.

Ketua DPRD Kalteng Wiyatno meminta pemerintah daerah dapat melakukan pemetaan wilayah terdampak banjir yang terjadi saat ini. Akibat turun hujan secara berturut-turut dalam beberapa hari terakhir, sejumlah wilayah di Kalteng terdampak banjir.

Menurutnya, pemetaan sebagai anstisipasi serta untuk mempermudah evakuasi masyarakat yang terdampak jika sewaktu-waktu debit air mengalami peningkatan, karena saat ini potensi turun hujan di wilayah Kalteng masih terjadi.

Ia menegaskan, kondisi ini perlu menjadi perhatian semua pihak dan perlu dibahas bersama terkait pencegahan yang akan dilakukan kedepan demi meminimalisir terjadinya banjir kembali di Kalteng.

Ia mengingatkan, setiap daerah bisa melaporkan secara berkala situasi terkini terkait perkembangan banjir yang terjadi. Kemudian BPBD maupun lainnya agar dapat selalu siap siaga.(rls/bn)

Di Posting 27/09/2022 2:33 PM by Andi

 1,194 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *