Connect with us

DPRD Kalteng

Pentingnya Listrik untuk Pembangunan

PALANGKA RAYA, RILISKALIMANTAN.COM- Temuan penelitian menunjukkan untuk negara berkembang, termasuk Indonesia, ada korelasi antara antara konsumsi listrik dengan kontribusi PDB dalam negara negara berkembang. Korelasi diakibatkan kompleksitas perekonomian negara berkembang yang sederhana yaitu ekspoitasi sumber daya alam. Akibatnya membuat listrik sebagai salah satu faktor penentu PDB suatu negara.

Konsumsi listrik mendorong pertumbuhan ekonomi, bukan sebaliknya. Temuan riset berdasarkan analisa Robert Ayres menunjukkan jika listrik adalah pemacu pertumbuhan.

Maka pendekatan listrik berbasis permintaan kurang valid. Sehingga hampir 65 persen kapasitas listrik terpasang yang berada di Pulau Jawa justru menyebabkan pembangunan nasional menjadi tidak merata.

Menurut studi yang diterbitkan oleh PwC internasional, Indonesia akan menjadi negara kelima dengan perekomian terbesar pada tahun 2030 (berdasarkan permintaan listrik) dengan PDB per kapita adalah $ 18.400,00.

Apabila pendekatan konsumsi listrik sebagaimana disampaikan di atas kita pakai sebagai tolok ukur PDB Indonesia pada 2030 dengan jumlah penduduk 295 juta jiwa, maka perhitungannya PDB dibagi dengan $4. Hasilnya, konsumsi listrik sebesar 4.600 kWh per kapita.

Terkait pentingnya kelistrikan, anggota DPRD Kalteng Muhajirin meminta pemerintah pusat melalui PT PLN dapat memperhatikan kebutuhan listrik di Kalteng.

Sebab, hingga sampai saat ini khususnya di Kalteng, masih banyak wilayah yang belum teraliri listrik terutama desa-desa yang ada di daerah-daerah.

“Misalnya di Kapuas, masih ada desa yang belum teraliri listrik. Belum lagi daerah-daerah lainnya di Kalteng. Ini perlu menjadi perhatian pemerintah agar program listrik masuk desa lebih digencarkan lagi,” ucapnya.

Dia menjelaskan, untuk sekarang listrik menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat maupun pemerintahan terutama di desa maupun kecamatan. Tanpa adanya listrik, tentu berbagai aktivitas di wilayah tersebut akan sedikit terkendala.(rls/bn)

Di Posting 27/09/2022 3:23 PM by Andi

 1,161 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *