Connect with us

DPRD Kalteng

Perlu Pemerataan Program Pertanian

PALANGKA RAYA, RILISKALIMANTAN.COM- Sektor Pertanian di Indonesia saat ini masih menjadi ruang untuk rakyat kecil. Kurang lebih 100 juta jiwa atau hampir separuh dari jumlah rakyat Indonesia bekerja di sektor pertanian.

Untuk itu Kementerian Pertanian telah melakukan berbagai upaya untuk membina para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) agar menjadi pondasi yang kuat dalam mendukung ekonomi Indonesia.

Indonesia terus berkomitmen menjaga ketahanan pangan nasional dan telah berhasil meningkatkan produksi padi secara signifikan sehingga mencapai swasembada beras. Selain itu, Indonesia juga menciptakan sistem pertanian-pangan yang tangguh hasil dari komitmen Pemerintah yang bekerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat.

Komitmen diantaranya tersebut terwujud dalam pembangunan bendungan, embung, varietas unggul baru, pemupukan berimbang, mekanisasi pertanian, pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan penyuluhan pertanian.

Terkait hal itu, anggota DPRD Kalteng Muhajirin mendorong adanya pemerataan program pengembangan pertanian di Kalteng. Ia sangat mendukung apabila program pengembangan pertanian dilakukan secara merata, sehingga daearh yang ada tidak selalu bergantung dengan produk pertanian dari luar provinsi.

Menurutnya, pengembangan pertanian juga perlu pemerataan agar setiap daerah di wilayah Kalteng bisa mandiri dalam hal memenuhi kebutuhan yang dihasilkan dari pertanian.

“Juga salah satu upaya mendukung ketahanan pangan daerah maupun nasional. Kalteng merupakan salah satu wilayah penyangga IKN Nusantara,” katanya.

Diungkapkannya, sejumlah wilayah di Kalteng memiliki potensi dalam pengembangan pertanian. Jika dapat dimaksimalkan akan berdampak positif bagi Kalteng serta Indonesia.(rls/bn)

Di Posting 27/09/2022 3:14 PM by Andi

 1,167 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *