Connect with us

Banjarbaru

Diskominfo Banjarbaru Sosialisasi TTE di Lingkup BKPP

SOSIALISASI: Diskominfo Kota Banjarbaru saat menggelar sosialisasi Tanda Tangan Elektronik (TTE) / Sertifikat Digital kepada Pejabat dan Karyawan di Aula Gawi Sabarataan Pemko Banjarbaru, Selasa (27/09/2022).(foto;medcenbjb)

BANJARBARU, RILISKALIMANTAN.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjarbaru melalui Bidang Statistik dan Persandian mensosialisasikan Tanda Tangan Elektronik (TTE) / Sertifikat Digital kepada Pejabat dan Karyawan lingkup Dinas Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Banjarbaru di Aula Gawi Sabarataan Pemko Banjarbaru, Selasa (27/09/2022).

Sosialisasi ini untuk pelaksanaaan program atau kegiatan layanan keamanan informasi di Pemerintah Kota Banjarbaru.

Kasubag Umum dan Kepegawaian BKPP Luki Dwi Janarko mengatakan, penerapan Tanda Tangan Digital sangat banyak memberikan manfaat. Di antaranya, sebutnya, hemat waktu. TTE dapat dilakukan kapanpun dan di manapun, sehingga pekerjaan selesai dengan efektif.

Selain itu juga hemat biaya. “Penggunaan TTE meningkatkan efisiensi anggaran, karena mengurangi pembelian ATK, biaya kurir, dan lain-lain,” jelasnya.

TTE juga aman dan legal, yakni memberikan jaminan keamanan terhadap dokumen atau informasi dan sah dimata hokum. Juga Paperless Office, karena TTE mengurangi penggunaan kertas sehingga ramah lingkungan.

“Seiring berkembangnya teknologi, pemanfaatan TTE menjadi penting di era digital, karena diperlukan untuk berbagai macam kebutuhan,” sebut Luki Dwi.

Ia berharap, pemanfaatan TTE dapat digunakan sebaik mungkin, diutamakan untuk memaksimalkan layanan kepada masyarakat. Terlebih Tanda Tangan Elektronik (TTE) juga sah di mata hukum yang tercantum dalam : UU Informasi dan Transaksi Elektronik No. 11 Tahun 2018 Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik.

Peraturan Menteri Kominfo No. 11 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan sertifikasi elektronik. Dan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Juga Perwali Kota No. 4 Tahun 2022 Tentang Penggunaan Sertifikat Elektronik di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarbaru.

“Dengan sosialisasi Tanda Tangan Elektronik (TTE) ini, karyawan dan karyawati lingkup BKPP bisa mengimplementasikan TTE khususnya untuk surat keluar dan berkas berkas lain,” tandas Luki Dwi. (rls/medcenbjb)

Editor: Sandi Firly

Di Posting 30/09/2022 11:53 AM by admin

 1,108 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *