Connect with us

Hukum

Polda Kalsel Gelar Sosialisasi Waspada Radikalisme di Masjid Istiqamah Kandangan

KANDANGAN, RILISKALIMANTAN.COM- Dalam upaya mencegah penyebaran paham radikalisme di HSS, Polda Kalimantan Selatan bekerjasama dengan pengurus Masjid Muhammadiyah Istiqamah Kandangan menggelar pengajian setelah Sholat Maghrib dengan tema “Meningkatkan Kewaspadaan Dini dari Bahaya Intoleran, Radikalisme dan Terorisme”, dengan penceramah Ustadz Lutfil Aziman LC dari HSU.

Ustadz Lutfil Aziman mengatakan, Islam mengajaran kasih sayang dan cinta damai. Islam membenci adanya kekerasan, permusuhan. Islam menghargai perbedaan, toleransi, dan anti radikalisme yang mengarah pada terorisme.

Ditegaskannya, anggapan jihad dengan cara menghancurkan dan membunuh tidak dibenarkan karena Islam mengajarkan kedamaian bukan kekerasan.

“Nabi Muhammad diutus untuk menuntun dan menyelamatkan umat manusia di dunia dan di akhirat kelak,” katanya.

Menurutnya, jika orang memiliki pandangan bahwa membunuh adalah halal dan negara adalah kafir maka orang ini sudah memiliki paham yang salah.

Sementara, Direktorat Intelkam Polda Kalsel Iptu Agus Murti mengatakan, intoleransi adalah awal terbentuknya radikalisme lalu ekstremisme dan terakhir dalam bentuk aksi terorisme. Artinya, intoleransi awal atau benih dari radikalisme dan terorisme.

“Aksi kelompok radikalisme saat ini telah merambah sekolah, perguruan tinggi, pesantren, dan masjid,” katanya.

Diungkapkannya, intoleransi, radikalisme, dan terorisme tidak hanya dipengaruhi oleh faktor seperti agama, ekonomi atau pendidikan. Namun, ada faktor lain memicu terjadinya intoleransi dan radikalisme atau dalam membentuk seseorang menjadi radikal yaitu faktor psikologis.

“Intoleransi, radikalisme dan terorisme merupakan musuh bangsa Indonesia karena tidak sesuai dengan ideologi dan konsensus dasar negara,” katanya.

“Kejahatan teroris merupakan kejahatan luar biasa dan kejahatan transnasional oleh karena itu setiap negara perlu mengantisipasinya sedini mungkin,” pungkasnya.(okta)

Editor : Andi

Di Posting 29/10/2022 11:50 AM by Andi

 2,990 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *