Connect with us

Seni Budaya

ASKS XIX Tala Usai, Banjarmasin Siapkan Aruh Sastra Skala Internasional

SELAMAT: Suasana penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba di Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XIX 2022 Kabupaten Tanah Laut, Minggu (30/10/2022), di Balairung Tuntung Pandang, Pelaihari. (foto: sandi)

PELAIHARI, RILISKALIMANTAN.COM- Usai sudah pergelaran Aruh Satra Kalimantan Selatan (ASKS) XIX di Kabupaten Tanah Laut yang digelar selama tiga hari 28-30 Oktober 2022.
Berbagai kegiatan lomba dan acara telah tuntas dilaksanakan. Pembukaan dan penutupan dilangsungkan di Balairung Tuntung Pandang. Sedangkan pergelaran dilaksanakan di ruang publik O Km atau Taman Pasar Lawas, Pelaihari. Selain dihadiri para sastrawan dan seniman seluruh kabupaten-kota Kalimantan Selatan, juga dihadiri warga Tanah Laut.
Berikutnya, pelaksanaan ASKS XX tahun 2023 telah ditetapkan di Kota Banjarmasin. Dalam sidang pleno di hari terakhir itu juga ditetapkan untuk ASKS XXI tahun 2024 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).
“Banjarmasin diharapkan nantinya memiliki sesuatu yang khas dalam pelaksanaan ASKS. Selain materi lomba atau kegiatan, juga tempat pelaksanaan mengingat Banjarmasin dikenal dengan sungainya,” ujar HE Benyamine, pimpinan sidang pleno.
Banjarmasin melalui Zulfaisal Saputera dan Hajriansyah juga menyatakan kesiapan untuk pelaksanaan ASKS XX tahun 2023.
“Banjarmasin siap melaksanakan ASKS XX dengan anggaran yang cukup besar, dan direncanakan berskala internasional,” ujar Zulfaisal, yang juga adalah Kabid Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin.
Sedabgkan Hajriansyah, yang juga Ketua Dewan Kesenian Kota Banjarmasin, menyatakan, pihaknya telah jauh-jauh hari telah menyusun sejumlah mata lomba. “Sesuai janji kami pada Aruh Sastra terdahulu, kami akan menggelar lomba penulisan novel, manuskrip puisi, cerpen, juga lomba-lomba lainnya,” ujarnya.
Di akhir kegiatan juga diserahkan mandat antar Kabupaten Tala dengan Kota Banjarmasin untuk pelaksanaan ASKS.
Ketua Pelaksana ASKS XIX 2022 Tala Hadani Had pada akhir acara mengucapkan terima kasih dan maaf selama pelaksanaan kegiatan. Ia kemudian membacakan para pemenang lomba ASKS XIX 2022. (Lihat di bawah).
Penyerahan hadiah dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala H Zainal Abidin yang sekaligus menutup acara, Kabid Pembinaan Kebudayaan Hj Siti Asiyah, dan Dewan Sastra yang diwakili oleh Harjriansyah.(rls/snd)

Berikut Daftar Juara Sejumlah Lomba Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XIX Kabupaten Tanah Laut.
LOMBA MENULIS KISAH HANDAP
Juara 1. NURUL RISA (JANJI DI TAPIAN LAUT)
Juara 2. DRA. HJ. NOOR AIDA, MM (DI PANTAY TAKISUNG MANGGANANG GANANG)
Juara 3. M. ZAINI (BULAN LANGLAM DI KABUN MANISAN)

LOMBA MENULIS NASKAH DRAMA
Juara 1. MUHAMMAD IRWAN APRIALDY (MENCARI VARDA)
Juara 2. ANDI SAHLUDIN (PETAKA EMAS)
Juara 3. HARDIANSYAH ISMAIL (MAHARANI)

LOMBA MANUSKRIP PUISI
Juara 1. RIZQIE M.A ATMANEGARA (OVARIUM HIKAYAT TANAH BANJAR)
Juara 2. AFWILLAH (METAMORFOSIS)
Juara 3. ARIF RAHMAN HERIANSYAH (PEREMPUAN PEMILIK PUISI)

LOMBA PERGELARAN SASTRA
3 Penyaji Terbaik Non Rangking:
– Kabupaten Hulu Sungai Tengah
– Kota Banjarbaru
– Kota Banjarmasin
Sutradara Terbaik;
– Rezqie M.A Atmanegara (HST)

Di Posting 30/10/2022 4:52 PM by Sandi Firly

 219 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *