Connect with us

Bank Kalsel

Bank Kalsel Berkomitmen Dukung Pengembangan Sektor Pariwisata di Banua

Andika (moderator), Dirut Bank Kalsel Hanawijaya, Kepala Bappeda Kalsel Ariadi Noor, Kepala OJK Regional IX Kalimantan, Kadis Pariwisata NTB Yusron Hadi.(foto istimewa)

Bank Kalsel berkomitmen mendorong pertumbuhan perekonomian di Banua, termasuk mendorong tumbuhkembangnya sektor pariwisata

MATARAM, RILISKALIMANTAN.COM – Setelah sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, sektor pariwisata di tanah air kembali bergairah di tengah perekonomian nasional dan internasional yang tidak menentu.

Kepala Bappeda Kalsel Ariadi Noor mengakui sektor pariwisata sangat menjanjikan untuk menopang pertumbuhan ekonomi, terbukti beberapa daerah di Indonesia bahkan dunia mengandalkan destinasi wisata sebagai pendapatan daerah maupun negaranya.

“Karena itulah, Pemprov Kalsel terus mengembangan kawasan wisata religi untuk kebutuhan pariwisata di Kalsel,” ujar Ariadi Noor dalam Sarasehan sekaligus Media Gathering Bank Kalsel dengan topik Pengembangan Sektor Pariwisata Sebagai Sumber Pertumbuhan Perekonomian Terbarukan dan Peran BPD Didalamnya, yang digelar di Kantor OJK Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (28/10).

Dia menambahkan, pengembangan desa wisata dan wisata alam, baik yang alami maupun buatan juga dikembangkan secara kontinue untuk menambah jumlah wisatawan yang datang ke Bumi Lambung Mangkurat.

Sarasehan digelar menghadirkan Dirut Bank Kalsel Hanawijaya, Kepala OJK Kalimantan Riza Aulia Ibrahim, Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi dan Kepala Bappeda Kalsel Ariadi Noor, dengan peserta puluhan jurnalis di Kalsel, dan sejumlah pejabat di NTB.

Kepala OJK Regional Kalimantan Riza Aulia Ibrahim berharap lembaga jasa keuangan bisa mensupport  pengembangan pariwisata di Kalimantan Selatan. “Mari support pengembangan pariwisata di Banua Kalimantan Selatan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi mengatakan pariwisata di NTB terus dikembangkan, tidak hanya wisata alam namun sekarang mengarah ke sport tourism yang kini semakin menambah jumlah kunjungan turis manca Negara dan turis Nusantara ke NTB.

“Kami terus mengembangkan pariwisata yang sekarang menjadi andalan pendapatan daerah NTB selain sektor pertanian,” ungkapnya.

Bank Kalsel memilih NTB sebagai tempat Media Gathering (MG) 2022, mengingat NTB menjadi percontohan pengembangan pariwisata di Indonesia.

“Jadi pengembangan dan pertumbuhan ekonomi di NTB yang ditopang sektor pariwisata, dapat dikembangkan dan menjadi inspirasi di Banua Kalimantan Selatan,” ucap Dirut Bank Kalsel Hanawijaya dalam paparan sarasehan tersebut.

Sejumlah destinasi wisata di Pulau Lombok NTB pun menjadi sasaran peserta Media Gathering (MG) Bank Kalsel 2022 untuk dikunjungi.  NTB yang sempat digunjang gempa dan pandemi Covid-19 mengharuskan sektor pariwisatanya sempat down. Namun seiring dengan melandainya Covid-19 dan pasca gempa 2018 silam, membuat NTB bangkit kembali, dan perekonomian mulai memulih, tumbuh baik, dan hingga wisatawan pun selalu berkunjung ke objek wisata di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa NTB.(sga)

Editor: Agus Salim

Di Posting 30/10/2022 10:20 PM by Agus Salim

 1,573 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *