Connect with us

Balangan

Ribuan Santri TPA BKPRMI Balangan Ikuti Wisuda Serentak

SELAMAT: Bupati H Abdul Hadi menyerahkan sertifikat atau piagam kepada salah satu peserta wisuda. (foto: mc balangan)

PARINGIN, RILISKALIMANTAN.COM – Sebanyak 1133 santri Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) se- Kabupaten Balangan mengikuti pelaksanaan wisuda serentak di Mesjid Al Akbar Balangan, Paringin Selatan, Selasa (22/11/2022).

Wisuda santri serentak ini merupakan pelaksanaan ke-28 yang diselenggarakan oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten  Balangan.

Pada acara ini, hadir Bupati Balangan H Abdul Hadi, Ketua BKPRMI H Albani Abbas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan dan sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Balangan, serta para orangtua santri.

Dalam laporannya, Ketua BKPRMI Balangan H Albani Abbas menyampaikan bahwa generasi muda saat ini dihadapkan dengan berbagai problematika kehidupan, seperti tindak kekerasan terhadap anak, eksploitasi terhadap anak, narkoba, dan lain-lain.

Oleh karenanya, menurut Albani, keberadaan TPA sangat memberikan andil dalam membina generasi muda sejak usia belia. “Melalui bekal ilmu agama sehingga mereka tumbuh menjadi generasi yang siap menghadapi  berbagai tantangan ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Balangan H Abdul Hadi dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa kualitas SDM adalah kunci utama kemajuan yang harus dibangun secara istiqomah sejak usia dini.

Ditambahkan Abdul Hadi, BKPRMI aktif menjalankan peran penting membangun kualitas dan karakter SDM banua.
“Namun peran itu juga harus dilaksanakan oleh keluarga dan lingkungan sosial tempat anak berada, agar anak tumbuh menjadi SDM dengan karakter positif yang kuat dan siap menjadi subjek penentu nasib bangsa di masa depan,” ingatnya.

Terkait wisuda santri, Abdul Hadi juga menegaskan, bahwa kegiatan ini bukan akhir proses, tetapi awal bagi proses selanjutnya dalam pembentuk karakter unggul generasi muda Islam.

Wisuda santri BKPRMI diisi dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran, doa Khatam Al-Qur’an, dan pembacaan ikrar santri.(rls)
Editor: Sandi Firly

Di Posting 23/11/2022 8:33 PM by Sandi Firly

 129 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *