Connect with us

Tanah Bumbu

Warga Desa Gunung Besar Dibekali Keterampilan Mengolah Gula Semut

BATULICIN, RILISKALIMANTAN.COM – Dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat dan menumbuhkan wirausahaan, Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu  menggelar pelatihan olahan gula semut di Desa Gunung Besar Kecamatan Simpang Empat, Selasa (22/11/2022).

“Pelatihan ini sebagai upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan keterampilan dan pendapatan masyarakat”,  ujar Kepala DKUMP2 Tanbu Deny Hariyanto.

Deni menambahkan, pelatihan keterampilan pembuatan gula semut diikuti 20 warga Desa Gunung Besar Kecamatan Simpang Empat.

“Ada 20 warga Desa Gunung Besar yang mengikuti pelatihan ini”, tambah Deni.

Pelatihan pembuatan gula semut ini lanjut dia, bahan bakunya dari gula aren yang pohonnya banyak tumbuh di Desa Gunung Besar.

Diharapkan, selain menumbuhkan wirausaha baru, gula semut juga dapat menjadi komoditi unggulan Desa Gunung Besar.

Ditempat yang sama  Kabid Perindustrian DKUMP2 Tanbu Nur Rochmah menambahkan, pelatihan olahan gula semut digelar selama tiga hari yakni 22 – 24 November 2022.

“Kami harapkan peserta pelatihan bisa berinovasi ke bentuk pruduk lain meski bahan bakunya sama,” katanya.

Sekadar diketahui, gula semut adalah gula merah berbentuk bubuk atau yang sering disebut gula kristal. Biasanya gula ini dipakai untuk pembuatan kue.(wan)

Editor: Agus Salim

Di Posting 23/11/2022 8:11 PM by Agus Salim

 1,111 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *