Connect with us

Tanah Bumbu

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Gelar Lomba B2SA

Ketua TP-PKK Kabupaten Tanbu, Hj Wahyu Windarti Zairullah.(foto istimewa)

BATULICIN, RILISKALIMANTAN.COM – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu (DKPP) menggelar Lomba PPL Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Tanbu, di halaman gedung lama  DKPP Tanbu, Rabu (23/11/2022).

Kegiatan yang dinaungi Badan Pangan Nasional (Nasional Good Agency (NGA) ini mengusung tema ‘Makan Enak Makan Sehat Makan B2SA’.

Ketua Pelaksana Kegiatan  B2SA, Erna Kalsum mengatakan, kegiatan ini  bertujuan agar masyarakat Tanbu bisa membudayakan pengolahan pangan lokal dengan memperhatikan unsur B2SA, yang memenuhi kandungan karbohidrat dan protein, vitamin/mineral dalam menu makanan sehari-hari.

“Kegitan ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan menu B2SA. Selain itu untuk mendorong kreativitas ibu rumah tangga memilih, menentukan menu B2SA berbasis sumber daya lokal,” ujarnya.

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar melaui Kepala DKPP Tanbu, H Hairuddin dalam sambutannya berpesan, agar konsumsi pangan masyarakat lebih beragam, pola konsumsi sehari-hari harus tepat dengan jumlah gizi yang berimbang, sehingga konsumsi pangan berkualitas dapat mengatasi permasalahan termasuk stunting.

Adapun tim penilai dikegitan ini terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Ahli Gizi UPTD Puskesmas Binuang dan Tata Boga.  Dan, untuk juri Kehormatan yaitu Ketua TP-PKK Tanbu.  Peserta yang mengikuti kegitan ini 12 TP-PKK Kecamatan se-Kab Tanbu.

Ketua TP-PKK Kabupaten Tanbu, Hj Wahyu Windarti Zairullah mengharapkan bahan pangan lokal tidak hanya dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi keluarga, tetapi dapat dijadikan peluang usaha dari kreasi menu kearifan lokal.

“Saya berharap kepada ibu-ibu dapat meningkatkan pangan keluarga, guna menjadikan keluarga sehat dan bergizi sehingga tidak ada anak yang kekurangan gizi,”ucapnya.

Hasil Lomba Menu B2SA diraih Kecamatan Sungai Loban sebagai Juara 1. Kecamatan Angsana Juara 2. Kecamatan Satui Juara 3. Kecamatan Mantewe Juara 4. Kecamatan Karang Bintang sebagai Juara 5. Pemenang Lomba Menu B2SA ini, mendapat hadiah uang pembinaan.(wan)

Editor: Agus Salim

Di Posting 24/11/2022 9:12 PM by Agus Salim

 1,133 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *