Connect with us

Kotabaru

Perkuat Ketahanan Maritim, Lanal Kotabaru Gelar Komunikasi Sosial Maritim

KOTABARU, RILISKALIMANTAN.COM – Sekdakab Kotabaru Said Akhmad mengatakan Pemkab Kotabaru sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan Lanal Kotabaru.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Komunikasi Sosial Maritim yang digelar Lanal Kotabaru di Oproom Setda, Kamis (24/11/22).

Kita ketahui, ujar Sekda, Kabupaten Kotabaru memiliki panjang pantai yang paling luas di Provinsi Kalimantan Selatan, dan masyarakat di sektor perikanan terbesar juga ada di Kotabaru.

Beberapa waktu lalu, ujar Sekda, Lanal Kotabaru telah membangun Balai di Sarangtiung yang selaras dengan visi dan misi Bupati Kotabaru di sektor UKM dan pariwisata.

Ia berharap, program tersebut dapat berkelanjutan yang tentunya juga pemerintah dan swasta harus jalan bersama-sama.

“Silakan Lanal nanti untuk mensinergikan perencanaan, jika ingin program ini kita lanjutkan mesti melalui musyawarah pembangunan desa,” jelasnya.

Dengan demikian ujar Sekda, Pemkab Kotabaru bisa mengalokasikan anggaran untuk kegiatan atau program dari Lanal.

Sekda menyebut, Kotabaru beruntung memiliki Lanal, karena tidak semua kabupaten di Kalimantan Selatan memiliki Lanal.

“Bersama Lanal, Pemkab Kotabaru dapat meningkatkan pendapatan hasil nelayan kita, ” katanya.

Sementara, Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Edy Setyawan mengatakan dalam kegiatan tersebut dipaparkan beberapa program dan kegiatan Lanal Kotabaru, mulai yang sudah, yang sedang dan yang akan dilaksanakan.

“Tentunya program kita ini membantu Pemkab Kotabaru, apalagi visi dan misi Bupati untuk meningkatkan pariwisata, ” jelas Danlanal.

Danlanal menyebut, saat ini salah satu program yang sudah berjalan yakni pembangunan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di daerah Sarangtiung, untuk masyarakat pesisir.

Sejauh ini, lanjutnya, Pemkab Kotabaru sangat mendukung kegiatan Lanal, mulai dari pikiran, anggaran, dan peralatan-peralatan apapun.

” Contoh KBN, jembatan mangrove, dan fasilitas olahraga yang dibangun, itu atas bantuan Pemda juga, ” ucapnya.

Ia berharap kedepannya Lanal Kotabaru harus eksis, harus lebih meningkatkan perannya dalam membantu Pemda, karena disamping membawa misi dari Angkatan Laut, Lanal juga membantu pemerintah daerah.(wd)

Editor: Agus Salim

Di Posting 24/11/2022 4:30 PM by Agus Salim

 555 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *