Trending

Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan Mantangai

MUSRENBANG: Kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Mantangai yang digelar, Kamis (11/1/2024) di Aula Kantor Kecamatan Mantangai - Foto Dok kip.kapuaskab.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALTENG- Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas yang diwakili Sekretaris Arnes Satyari Perwitajati serta jajaran dan didampingi oleh PKB Kecamatan Mantangai mengikuti kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Mantangai yang digelar, Kamis (11/1/2024) di Aula Kantor Kecamatan Mantangai.

Kegiatan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Drs. Jaya, M Si juga dihadiri Wakil Ketua I DPRD Kapuas Dapil II Yohanes,ST bersama anggota DPRD Kapuas lainnya. Turut hadir Camat Mantangai Yubderi, S.Pd, MA beserta jajaran, unsur Forkopimcam, Instansi terkait, perwakilan Perangkat Daerah (PD), para kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Camat Mantangai Yubderi mengatakan, Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas.

“Dalam Musrenbang tercantum daftar usulan rencana kegiatan pembangunan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan kabupaten. Terwujudnya harmonisasi dan sinergisitas program pembangunan antar jenjang pemerintahan, masyarakat menjadi tujuan utama dalam Musrenbang kecamatan ini,” kata Yubderi.


Adapun rekapitulasi hasil Musrenbangcam Mantangai untuk RKPD 2025 ini dengan usulan 211 dari 38 desa dan kecamatan yaitu Bidang infrastruktur jalan 45 usulan, jembatan 33 usulan, pelabuhan/dermaga 7 usulan, irigasi 14 usulan, Listrik desa 8 usulan, Telekomunikasi/BTS 3 usulan, air bersih 6 usulan, Sanitasi 2 usulan, perumahan dan pemukiman 4 usulan, bidang pendidikan 37 usulan, bidang kesehatan 20 usulan.

Kemudian peningkatan kualitas PTK 6 usulan, lingkungan sehat 3 usulan, pemberantasan penyakit 1 usulan, pertanian 7 usulan, perikanan 7 usulan, peternakan 7 usulan, sosial 2 usulan, pemerintah desa 6 usulan dan kelembagaan sosial 7 usulan.

“Jadi untuk skala prioritas, salah satunya di bidang infrastruktur, harapan kami ke depan anggota DPRD Kapuas dari Dapil IV dapat memfasilitasi hasil dari Musrenbang ini agar dapat terlaksana dan di akomodir supaya terlaksana semua usulan skala prioritas ini,” pungkas Yubderi.

Sumber: kip.kapuaskab.go.id

Lebih baru Lebih lama