Trending

Dinas Kesehatan Memberikan Pembekalan Materi Kesehatan Kepada Jemaah Calon Haji Kabupaten Kapuas

BERI MATERI: Pembekalan Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Dalam Kegiatan Manasik Haji Bagi Jemaah Calon Haji Kabupaten Kapuas Tahun 2024 - Foto Dok kip.kapuaskab.go.id

RILISKALIMANTAN.COM, KALTENG- Dalam rangka mempersiapkan jemaah haji agar siap lahir dan batin dalam melaksanakan ibadah haji, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas berpartisipasi dalam memberikan materi kesehatan saat pelaksanaan manasik haji yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Kabupaten Kapuas bersama seluruh KUA Kecamatan, Kamis (2/5/2024).

Adapun materi- materi  tentang kesehatan yang disampaikan saat manasik haji adalah tentang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular, Pengendalian stress, Kondisi lingkungan dan cuaca di Arab Saudi dan faktor risiko serta cara mengatasinya, Selain itu juga diberikan materi tentang Senam Haji Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Tonun Irawaty Panjaitan, M.M. menjelaskan, bahwa selain melakukan pembinaan pada saat manasik, tim Dinas Kesehatan bersama Tenaga Kesehatan Haji (TKH) dan PPIH yang akan ikut berangkat ke Arab Saudi diminta terus melakukan pembinaan melalui Posbindu, forum-forum jemaah dan kunjungan rumah untuk memaksimalkan upaya menyiapkan jemaah haji agar tetap sehat dan bugar.

Sebelum berangkat, jemaah calon haji agar tetap kontrol kesehatan secara berkala, terutama untuk penyakit yang memerlukan penanganan khusus, seperti anemia, jangan sampai saat di embarkasi HB (Haemoglobin) masih rendah sehingga harus dilakukan transfusi darah sehingga akan mempengaruhi proses keberangkatan. Latihan kebugaran dan senam haji juga tetap harus dilakukan agar kondisi jemaah selalu bugar, dan yang tidak kalah pentingnya diminta agar seluruh petugas memperhatikan para Lansia, sesuai tagline pelayanan haji tahun 2024 "Haji Ramah Lansia".

Sumber: kip.kapuaskab.go.id

Lebih baru Lebih lama