Trending

Diskominfosantik Kapuas Jadi Pemateri Pada Pelatihan Wawasan Jurnalistik dan Kehumasan

 

PAPARAN: Pranata Humas Ahli Muda Diskominfosantik Kapuas Gusti Mahfuz saat memberikan materi pada kegiatan Pelatihan Wawasan Jurnalistik dan Kehumasan yang dilaksanakan PWI Kabupaten Kapuas, Kamis (16/5/2025) di Aula Ruang Rapat Rujab Bupati Kapuas - Foto Dok kip.kapuaskab.go.id

RILISKALIMANTAN.COM, KALTENG- Jajaran Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Kapuas menjadi salah satu pemateri pada kegiatan Pelatihan Wawasan Jurnalistik dan Kehumasan yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kapuas, Kamis (16/5/2025) siang.

Diungkapkan Gusti Mahfuz, dimasa sekarang ini hampir semua orang memiliki media sosial online yang memudahkan dalam saling berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi ruang dan waktu. Kendati demikian, dengan mudahnya penyebaran informasi, para pengguna media sosial tentunya harus bisa bijak dalam memanfaatkan layanan-layanan online yang diberikan.

Untuk itulah, dirinya menyampaikan beberapa tips bijak yang dapat dilakukan pengguna media sosial seperti melakukan pengecekan terlebih dahulu informasi yang didapatkan jika berasal dari sumber yang tidak jelas. Ia pun mengutarakan, pengguna media sosial juga dapat membedakan berita maupun informasi hoax dari nama dan situs media yang tidak jelas serta terkadang memiliki judul informasi yang provokatif. 

“Jangan terlalu mudah percaya pada informasi yang didapatkan, pastikan dahulu kejelasan isi berita atau informasi yang didapatkan dari beberapa sumber lainnya. Pengguna media sosial juga diharapkan untuk tidak membagikan informasi atau data pribadi secara mudah kepada orang lain dalam media sosial,” kata Gusti Mahfuz.


Selanjutnya mengenai Humas pada organisasi, Pranata Humas Ahli Muda tersebut menuturkan Humas berperan untuk memberikan layanan informasi kepada masyarakat, baik itu melalui perilisan berita terkait kegiatan pada perangkat daerah maupun menjalin kerja sama dengan pers atau media.

Dirinya juga mengungkapkan, Dinas Kominfosantik Kabupaten Kapuas saat ini telah mengelola Aplikasi Sistem Informasi Berita Terintegrasi (SIBER) yang dapat diakses melalui https://kip.kapuaskab.go.id, yang mana menjadi wadah portal informasi kegiatan OPD di Kabupaten Kapuas.

Sumber: kip.kapuaskab.go.id

Lebih baru Lebih lama