Trending

Pemkab Barsel Lepas Keberangkatan 150 Jemaah Calon Haji di Halaman Masjid Agung Baiturrahman Buntok

 

LEPAS KEBERANGKATAN: Pemkab Barsel melepas keberangkatan 10 orang Jemaah Calon Haji – Foto Dok Istimewa

RILISKALIMANTAN.COM, KALTENG- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) melepas keberangkatan 150 orang Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Barsel, Minggu (19/5/2024) di halaman Masjid Agung Baiturrahman Buntok. 

Penjabat (Pj) Bupati Barsel H Deddy Winarwan melalui Asisten III Setda Barito Selatan Mirwansyah dalam sambutannya bersuka cita menyaksikan dan melepas keberangkatan para calon tamu Allah untuk melaksanakan ibadah haji menuju tanah Suci Makkah al-Mukarramah.

“Pada saat ini, bapak-ibu saudara sekalian semua telah menjadi orang-orang yang dipilih oleh Allah, dipanggil untuk berhaji. Jika panggilan-Nya telah tiba, maka tidak seorangpun mampu menolaknya, demikian pula sebaliknya,” ujar Deddy.


Dirinya kemudian mengharapkan agar jemaah calon haji untuk memantapkan hati dan menyatukan niat untuk beribadah hanya semata-mata karena Allah. 

Lalu menunaikan Rukun Islam kelima ini sesuai syariat, berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, menghindari perkataan kotor, berselisih paham, jauhi sifat sombong, iri dan dengki, tidak kikir tetapi jangan pula berlaku boros.

“Selain sebagai tamu Allah, bapak dan ibu saudara sekalian juga sebagai tamu dari suatu Negara, karena itu jadilah tamu yang terhormat, tunjukkan sikap dan sifat ramah, santun, jaga martabat bangsa Indonesia khususnya nama baik Kabupaten Barito Selatan," pesannya.

Dirinya juga mengimbau kepada Jemaah Calon Haji Barsel untuk senantiasa menjaga kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan sempurna. 

“Saya juga menititipkan pesan kepada seluruh Jemaah Calon Haji, yakni untuk memanjatkan doa, doa untuk diri dan keluarganya, serta doa agar daerah kita Barito Selatan, senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT, aman, tenteram, serta dijauhkan dari segala musibah dan bencana,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barsel H Arbaja melalui Sekretaris Kementerian Agama Kabupaten Barsel H Suriansyah dalam laporannya mengatakan jemaah calon haji Indonesia berjumlah 241.000 orang. 

Sementara kuota haji Provinsi Kalteng berjumlah 1.688 orang dan jemaah calon Haji Kabupaten Barsel setelah istithaah kesehatan dan visa haji bio Saudi menjadi 150 orang. Mereka terdiri dari 69 laki-laki dan 81 orang perempuan yang berasal dari Kecamatan Dusun Selatan sebanyak 64 orang, Kecamatan Dusun Utara sebayak 2 orang, Kecamatan Dusun Hilir 25 orang, Kecamatan Karau Kuala 38 orang, Kecamatan Jenamas 7 orang dan Kecamatan Gunung Bintang Awai 14.

Jemaah calon haji tertua atas nama Sirun usia 79 tahun dan jemaah termuda atas nama Adelia Dewi Nur Yaman binti Abdurrahman dari Desa Babai Kecamatan Karau Kuala umur 23 tahun.

Jemaah Kabupaten Barsel berada pada gelombang pertama kloter 7 embarkasi Banjarmasin tergabung dengan jemaah calon haji Kabupaten Murung Raya, Pulang Pisau dan Seruyan berjumlah 325 orang. Masuk asrama haji Minggu 19 Mei 2024 pukul 22.00 Wita. Keberangkatan menuju tanah suci Senin, 20 Mei 2024 pada pukul 21.15 Wita. Pemulangan ke tanah air Senin, (1/7/2024) pukul 20.10 Wita. Tiba di Buntok, Selasa (2/7/2024) pukul 15 30 Wita.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama