Trending

Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan Dianugerahi Gelar Suku Dayak Patis Lawung Payung Undro

 

PAKAIAN ADAT DAYAK: Penjabat (Pj) Bupati Barsel H Deddy Winarwan memakai pakaian adat Dayak saat dianugerahi gelar kehormatan Patis Lawung Payung Undro – Foto Dok Istimewa

RILISKALIMANTAN.COM, KALTENG- Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menganugerahi Penjabat (Pj) Bupati Barsel Deddy Winarwan dengan gelar kehormatan Patis Lawung Payung Undro.

Gelar kehormatan diberikan kepada Deddy Winarwana, Selasa (14/5/2024) di Gedung Jaro Pirarahan Buntok.

Ketua DAD Kabupaten Barsel Tamarzan mejelaskan, penganugerahan gelar kehormatan adat Dayak merupakan salah satu bentuk penghormatan dan kepercayaan masyarakat Adat Dayak Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya di Kabupaten Barsel, sebagai dukungan moral dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Penjabat (Pj) Bupati Barsel yang telah mengabdikan diri untuk kemajuan Daerah.

Atas penghargaan itu, Penjabat (Pj) Bupati Barsel Deddy Winarwan mengucapkan terima kasih dan merasa bangga atas sambutan yang luar biasa dari masyarakat dan tokoh adat Dayak serta atas pemberian gelar yang luar biasa dengan atribut menunjukkan kemegahan dan kejayaan orang Dayak.

"Ini merupakan satu kehormatan yang luar biasa bagi saya pribadi, juga bagi keluarga dan sebagai Pj Bupati," kata dia.


Pada momentum ini, dirinya mengajak kepada masyarakat untuk terus melestarikan adat istiadat Suku Dayak dan memajukan kebudayaan daerah serta mendorong berbagai kegiatan dikolaborasikan dengan Pemerintah Daerah untuk dikemas dengan lebih baik sehingga menarik dan dijadikan kegiatan wisata.

Oleh sebab itu, sebutnya, dengan kegiatan seperti ini masyarakat bisa saling belajar tentang kekayaan tradisi dan nilai-nilai budaya, toleransi, kerukunan, keharmonisan yang sudah diwariskan oleh para leluhur terdahulu. 

"Saya juga melihat  semangat Bhineka Tunggal Ika dapat diwujudkan secara nyata di Kabupaten Barsel," tukasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama