Trending

RSD Idaman Banjarbaru Raih Penghargaan Bergengsi dari BPKP Kalimantan Selatan

 

KOMITMEN: RSD Idaman Banjarbaru terima penghargaan atas Maturitas Manajemen Risiko dan Kapabilitas SPI -Foto dok RSD Idaman Banjarbaru


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL - Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru mendapat penghargaan bergengsi dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalimantan Selatan. Prestasi ini menjadikan RSD Idaman salah satu dari hanya dua rumah sakit di tingkat provinsi yang berhasil meraih penghargaan tersebut.

RSD Idaman Banjarbaru diakui atas dua kategori capaian penting, yaitu Maturitas Manajemen Risiko (MR) Level 3 dan Kapabilitas Satuan Pengawas Internal (SPI) Level 3. Penghargaan ini diserahkan bersamaan dengan acara Focus Group Discussion yang diadakan oleh BPKP Kalsel pada Kamis (13/6/2024).

Plakat Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Direktur Pengawasan BLU, BLUD, BU Jasa Air, BUMD dan Bumdes BPKP Republik Indosia, Indra Khaira Jaya, kepada Direktur RSD Idaman, dr.Danny Indrawardhana, MMRS.

Menurut dr. Danny Indrawardhana, keberhasilan ini adalah hasil kerja sama semua pihak yang terlibat, khususnya dukungan langsung dari Walikota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin.

“Ini berkat kerjasama dan komitmen luar biasa dari seluruh Civitas Hospitalia RSD Idaman Banjarbaru. Khususnya bapak Walikota, atas segala arahan dan dukungannya atas pencapaian ini,” ucap Danny.


Asesmen Maturitas Manajemen Risiko digunakan untuk mengukur performa arsitektur manajemen risiko yang diterapkan dalam organisasi. Penghargaan ini menunjukkan bahwa RSD Idaman secara konsisten menerapkan manajemen risiko dengan bukti dokumen yang terus menerus diperbarui.

Kapabilitas SPI mengukur kemampuan melaksanakan tugas pengawasan yang terdiri dari kapasitas, kewenangan, kelembagaan, dan kompetensi sumber daya manusia. Artinya, SPI BLUD di RSD Idaman telah menjalankan aktivitas pengawasan dengan baik, baik dalam aspek assurance maupun consulting.

Danny berharap capaian ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi, serta untuk mewujudkan tata kelola rumah sakit pemerintah yang baik di ibu kota Kalimantan Selatan.

"Semoga hasil ini menjadi daya dorong untuk makin tumbuhnya semangat kolaborasi, demi kemajuan RSD Idaman Banjarbaru," tuturnya. 

Selain RSD Idaman, penghargaan serupa juga diraih oleh Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Moch. Ansari Saleh.

Sumber: RSD Idaman Banjarbaru

Lebih baru Lebih lama