Trending

Bupati Balangan Resmi Buka MTQ Nasional ke-17 Tingkat Kabupaten

PEMBUKAAN: Momen Bupati Balangan H Abdul Hadi usai membuka kegiatan MTQ Nasional ke-17 Tingkat Kabupaten di Kecamatan Halong - Foto Dok Mardiana



RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Bupati Balangan, H Abdul Hadi resmi membuka gelaran Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-17 tingkat Kabupaten, Jumat (19/7/2024) di lapangan sepak bola Bray Jaya Halong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dalam sambutannya, Abdul Hadi menyampaikan pelaksanaan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Alquran dan menegakkan syiar islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam kehidupan bermasyarakat.

"Semoga Balangan banyak mencetak anak-anak penghafal Alquran dan menjadi keberkahan untuk Kabupaten Balangan," ungkapnya. 


Abdul Hadi menuturkan dalam menjalankan Alquran maka harus patut bahkan harus meneledani pribadi Nabi Muhammad SAW, yaitu kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Alquran.

“Bagi kaum muslimin Alquran merupakan sumber petunjuk dan pedoman yang selalu aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal sejalan dengan fitrah manusia yang hanif,” tuturnya.

“Dalam MTQ ini juga nantinya akan tampil penghafal Alquran terbaik Bumi Sanggam, yaitu generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul,” sambungnya.

Untuk itu, Abdul Hadi mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah kecamatan dan masyarakat Kecamatan Halong atas keramahan, kehangatan, dan antusiasme dalam menyambut penyelenggaraan MTQ Nasional ke-17 tingkat Kabupaten Balangan. 

Sementara itu, ketua panitia pelaksana sekaligus Camat Halong Rahmadi mengatakan, kegiatan MTQ ini bakal dilaksanakan selama tiga hari dari 19 - 21 juli mendatang.

"Untuk tempat kita bagi antara lain Musabaqah Tilawatil Quran di Lapangan sepak bola, tartil dan tahfidz satu juz dan lima juz di Mesjid Halong, tahfidz 10 juz, 20 juz, dan 30 juz di Mesjid Binjai Punggal, Qira'at di Langgar Riyadhul Salihin, fahmil quran di SDN Halong 2, syarhil di MI Al Ikhlas Binjai Punggal, makalah atau karya ilmiah di SMA 1 Halong, khattil di SMP N 1 Halong, tafsir quran di Langgar Ujung Pandang," jelasnya.

Rahmadi berharap dukungan dari berbagai pihak agar pelaksanaan MTQ ini dapat berjalan lancar dan sukses.

"Tujuan utama dari kegiatan MTQ ini merupakan ajang seleksi di tingkat kabupaten, yang nantinya akan diikutsertakan pada seleksi tingkat provinsi," ujarnya.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama