Trending

Disarpustaka Kapuas Akan Sediakan Spot Baca Baru Untuk Masyarakat

SPOT BACA: Kadisarpustaka Kapuas H. Suwarno Muriyat didampingi Plt Sekretaris Franz Yulian dan PPTK Kenedy melakukan koordinasi kepada Ferdy Firsyah mewakili PT. Woolu Aksamaramaya Jakarta selaku penyedia aplikasi Spot Baca, akhir pekan lalu di Jakarta - Foto Dok kip.kapuaskab.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALTENG- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas dalam waktu dekat akan menyediakan spot baca bagi masyarakat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan memudahkan akses literatur bagi warga Kapuas.

Kepala Disarpustaka Kapuas H. Suwarno Muriyat menyatakan jika program ini merupakan bagian dari upaya untuk mendorong budaya literasi di kalangan masyarakat. 

“Kami ingin menciptakan lingkungan yang kondusif bagi semua orang untuk membaca dan belajar,” ujar H. Suwarno Muriyat dalam rilisnya, Kamis (25/7/2024) siang.


Spot baca kata dia akan terhubung dengan aplikasi iKapuas yang telah di launching Pj Bupati awal tahun ini dan akan ditempatkan di beberapa lokasi strategis dalam kota Kuala Kapuas.

“Pemustaka dapat membaca ratusan jenis buku kategori untuk anak-anak, novel, hingga literatur akademis secara digital melalui handphone dengan menscanner Quick Response (QR) Code yang kami sediakan. Selain itu, kami akan bekerja sama dengan berbagai komunitas untuk mengadakan kegiatan literasi, seperti diskusi buku, workshop menulis maupun kegiatan Transformasi Berbasis Iknlusi Sosial (TPBIS),” tambahnya.

Inisiatif ini disambut baik oleh masyarakat Kapuas. Banyak warga yang berharap spot baca ini dapat menjadi tempat berkumpul yang edukatif dan menyenangkan. 

“Ini adalah langkah positif untuk meningkatkan minat baca, terutama di kalangan anak-anak dan remaja,” kata Agau selaku Pembina Komunitas Literasi Cilik Kapuas

“Disarpustaka Kapuas berharap dengan adanya spot baca, masyarakat akan lebih termotivasi untuk menjadikan membaca sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari mereka” pungkas H. Suwarno Muriyat.

Sumber: kip.kapuaskab.go.id 

Lebih baru Lebih lama