Trending

Duduki Jabatan Kasubbag Umpeg BPBD Balangan, Hana Siap Berikan Pelayanan Terbaik

POSE: Kasubbag Umum dan Kepegawaian (Umpeg) di Kantor BPBD Balangan Hanarita S Pd MM - Foto Dok Mardiana

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Hanarita S Pd MM resmi menjabat sebagai Kasubbag Umum dan Kepegawaian (Umpeg) di Kantor BPBD Balangan sejak bulan Maret 2024 menggantikan Kasubbag sebelumnya Yusva. 

Menurut Hana panggilan akrabnya, menduduki jabatan Kasubbag Umpeg ini memiliki tantangan tersendiri karena harus melaksanakan sebagian tugas Sekretaris dalam penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, dan pengendalian. 

"Kemudian juga pengelolaan dan fasilitasi kegiatan di bidang administrasi umum, ketatalaksanaan, kehumasan, perpustakaan, kearsipan, dokumentasi, perlengkapan, pengelolaan barang, kepegawaian, fasilitasi kegiatan analisis jabatan dan budaya kerja," ungkapnya pada beberapa waktu lalu. 


Lebih lanjut, perempuan asal Barabai ini menyebutkan, untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kasubbag Umpeg mempunyai fungsi yaitu perencanaan penyusunan program dan kegiatan yaitu pengkoordinasian dan penyiapan bahan pelaksanaan kegiatan. 

Adapun yang lebih rinci ia menjelaskan, bahwa Kasubbag Umpeg memiliki tugas seperti menyusun rencana program dan kegiatan, melaksanakan urusan surat menyurat dan pengelolaan kearsipan, melaksanakan urusan rumah tangga dan urusan perlengkapan. 

"Ada juga tugas melaksanakan penatausahaan barang milik daerah, melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian, memproses administrasi usulan angka kredit bagi tenaga fungsional tertentu, serta melaksanakan koordinasi terkait pelaksaan tugas dan fungsinya," ujarnya. 

Kemudian melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan, memberi petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan, memberikan saran/pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan. 

"Serta melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan, dan melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan," tambahnya. 

Namun, diungkapkannya, selain tugas utama tersebut menjabat Kasubbag Umpeg di Kantor BPBD Balangan sedikit berbeda dengan menjabat Kasubbag Umpeg di kantor dinas lainnya. 

Dimana kegiatan di BPBD Balangan ini lebih banyak turun kelapangan seperti memantau banjir, karhutla, pencarian orang tenggelam, sosialisasi kesiapsiagaan, memasang patok bronjong dan lainnya. 

"Menjadi Kasubbag Umpeg disini tak hanya dikantor saja tapi juga ikut kelapangan, ini menjadi tantangan dan pengalaman baru yang tak didapatkan saat menjabat Kasubbag Umpeg di kantor lain," pungkasnya. 

Meski begitu banyak tugas dan wewenang Kasubbag Umpeg, ia berkomitmen untuk memastikan seluruh kegiatan yang ada di Kantor BPBD Balangan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dapat berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama