Trending

Mantan Walikota Balikpapan Takjub Dengan Kondisi Alam Kotabaru

SENANG: Mantan Wali Kota Balikpapan ke-10 Rizal Effendi saat berkesempatan mengunjungi berbagai objek wisata di Kotabaru - Foto Dok Mawardi

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Keindahan alam dan potensi obyek wisata di Kabupaten Kotabaru seringkali membuat kagum wisatawan domestik maupun dari luar daerah. Terbaru, pesona alam Bumi Saijaan membuat Mantan Wali Kota Balikpapan ke-10, Rizal Effendi takjub.

Rizal Effendi datang ke Kotabaru untuk berlibur sekaligus menyaksikan event Beach Enduro Race Hayau Barait 9, Minggu (14/07/24).

"Ini luar biasa dan Bapak Bupati Kotabaru fokus dengan industri kepariwisataan dan olahraga ini merupakan pilihan yang terbaik apalagi dengan potensi dan kondisi alam dan lautnya yang menunjang," ujarnya.


Rizal takjub dan kaget dengan kondisi Kotabaru dengan gunung dan hutannya yang masih terjaga, dengan laut yang bersih. Menurutnya ini bisa dimanfaatkan menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kotabaru.

"kondisi alam yang seperti ini bisa diperjuangkan dan diajukan juga menjadi PAD dengan perdagangan karbon jadi kita jual oksigen dengan cara hutan dijaga, lautnya dijaga agar bersih maka itu bisa dibayar oleh industri dunia. Kabupaten Kotabaru yang dijuluki Bumi Saijaan ini banyak menyimpan potensi dan keunikannya dengan cerita ghaibnya yaitu Kota Ghaib yang diceritakan tadi kepada saya," ungkapnya.

Mantan Wali Kota Balikpapan ke-10 ini juga menuturkan, Kabupaten Kotabaru nanti kedepannya akan menjadi Kota yang maju dari Daerah lainnya.

"Bapak Bupati Kotabaru sangat tepat dengan visi misinya yaitu dengan memilih pariwisata sebagai leading sektornya untuk perkonomian daerah, dan tidak semua daerah banyak memiliki potensi seperti Kabupaten Kotabaru yang memiliki gunung dan laut yang bagus," ucapnya.

"Saya juga baru pertamakali nonton lomba yang ekstreme seperti ini dengan diikuti peserta dari beberapa daerah lain yang ada di Indonesia, bahkan manca negara dengan arena yang memiliki pemandangan indah, dimana ada laut dan diatasnya pegunungan," sambungnya.

Adapun wisata yang banyak dikunjungi wisatawan diantaranya, Siring Laut, Pantai Gedambaan, Hutan Meranti, Air Terjun Tumpang Dua, Bukit Mamake-Bapake SJA Hill, dan banyak lagi lainnya.

Penulis: Kotabaru

Lebih baru Lebih lama