Trending

Pemerintah Nyatakan Layanan Publik Normal Lagi Usai PDNS Diserang Ransomware

 

POLEMIK RANSOMWARE: Menko Polhukam Hadi Tjahjanto -Foto dok news.detik.com


RILISKALIMANTAN.COM, JAKARTA - Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengatakan layanan digital masyarakat telah berjalan normal kembali setelah Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 mengalami serangan ransomware. Hadi mengatakan layanan itu dapat digunakan kembali per 1 Juli 2024.

"Untuk pelayanan masyarakat yang menggunakan digital, per 1 Juli kemarin sudah berjalan normal," kata Hadi dalam konferensi pers, Jumat (5/6/2024) di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat.


"Layanan masyarakat sudah bisa dirasakan oleh masyarakat walaupun kita terus meningkatkan kemampuan," sambungnya.

Hadi mengatakan pemerintah masih berupaya meningkatkan PDN pengganti PDNS 2. Dia mengatakan hal itu dilakukan untuk backup berlapis dan memperkuat pengamanan data.

"Pemerintah saat ini terus meningkatkan kemampuan PDN pengganti PDNS 2 di Surabaya untuk bisa memiliki kemampuan backup berganda, backup berlapis dengan pengamanan yang baik, sekarang terus dilakukan," ujarnya.

Sebelumnya, PDNS 2 mengalami serangan ransomware dan menyebabkan berbagai layanan digital pemerintah terganggu pada akhir Juni 2024. Pemerintah kemudian berupaya melakukan pemulihan layanan.

Hadi pun sempat menyatakan pihaknya telah mengantongi sosok pemicu PDNS 2 diserang. Namun dia enggan menjelaskan detail sosok tersebut.

"Dari hasil forensik pun kami sudah bisa mengetahui bahwa siapa yang user, yang selalu menggunakan password-nya dan akhirnya terjadi permasalahan-permasalahan yang sangat serius ini," ujar Hadi dalam konferensi pers pada Senin (1/7/2024) di kantornya.

Sumber: news.detik.com

Lebih baru Lebih lama