Trending

Program PTSL Pertanahan Balangan Targetkan 6.950 Sertifikat di Tahun 2024

DIALOG: Kepala Pertanahan Kabupaten Balangan Rismiati Marisa SH MKn, saat menyampaikan jumlah target penerbitan sertifikat tanah melalui program PTSL - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dinas Pertanahan Kabupaten Balangan berhasil memenuhi target progam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada 2023 lalu dengan menyerahkan sekitar 6.000 sertifikat. 

Pada tahun 2024 ini, mereka kembali menargetkan 6.950 sertifikat tanah bisa diselesaikan pada program PTSL.

"Saat ini kami sudah menyelesaikan sebanyak 1000 sertifikat tanah yang terbagi di delapan kecamatan," ungkap Kepala Pertanahan Kabupaten Balangan, Rismiati Marisa SH MKn, Rabu (17/7/2024). 


Ia mengatakan, untuk tahap pertama pihaknya akan menerbitkan sertifikat tanah PTSL sebanyak 4601 sertifikat secara merata di delapan kecamatan di Kabupaten Balangan. 

"Selain menyerahkan sertifikat kepada masyarakat, kami juga melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa menguatkan bukti kepemilikan tanah melalui sertifikat dan menyampaikan beberapa prosedur persyaratan yang harus di lengkapi untuk pembuatan sertifikat tersebut," ujarnya.

"Persyaratan yang dibutuhkan merupakan bukti kepemilikan tanah seperti segel," sambungnya. 

Pertanahan Kabupaten Balangan optimis dengan target yang diberikan, yaitu menerbitkan 6.950 sertifikat dalam kurun waktu satu tahun dengan dua tahap pendistribusian. 

"Saya berharap program PTSL 2024 bisa terealisasi sesuai harapan, dan masyarakat mau mengikuti program yang telah kami sosialisasikan tersebut," pungkasnya.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama