Trending

Ribuan Peserta Ikuti Pawai Tahun Baru Islam 1446 H

 

PAWAI: Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas peserta pawai Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah, bertempat di Jalan Jend. Sudirman Kuala Kapuas, Sabtu (20/7/2024) - Foto Dok kip.kapuaskab.go.id

RILISKALIMANTAN.COM, KALTENG- Ribuan peserta memadati Kawasan Jalan Jendral Sudirman, tepatnya didepan Rumah Jabatan Bupati Kapuas dalam rangka mengikuti dan memeriahkan Pawai Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah, Sabtu (20/7/2024). 

Kegiatan yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kapuas tersebut diikuti dari berbagai lapisan kalangan, mulai dari anak pelajar/sekolah baik tingkat TK, SD, SMP, SMA sederajat, Pondok Pesantren, remaja masjid, langgar, dinas serta peserta umum.

Antusias peserta tampak terlihat saat dikibarkannya bendera start yang dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi, menandai telah dimulainya pawai tersebut dengan dua rute yakni, rute kategori anak-anak TK dan SD sederajat, pawai berakhir di depan TMP jalan Ahmad Yani, sedangkan untuk kategori SMP, SMA sederajat, Pondok Pesantren, remaja masjid, langgar, dinas serta peserta umum memulai perjalanan dari depan Rumah Jabatan Bupati Kapuas dan berakhir di Masjid Agung Al-Mukarram.

Para peserta tampak membawa slogan-slogan menarik serta ornamen-ornamen bernuansa Islami, menambah semarak suasana peringatan Tahun Baru Hijriah ini. Sejarah Tahun baru Islam 1 Muharram sendiri ditandai dengan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi menyampaikan pelaksanaan pawai Tahun Baru Islam 1446 Hijriah ini merupakan upaya umat islam untuk mensyiarkan nilai-nilai islam, hendaknya mampu menumbuhkan ukhuwah Islamiyah dan silaturrahmi. 

“Semoga tahun ini dapat menambah keimanan kita dalam menghadapi keidupan sehari-hari, mari kita jadikan semangat bagi kita untuk membangun Kabupaten Kapuas yang kita cintai, dalam kesucian hati dan ketulusan serta keikhlasan,” ungkapnya.


Erlin mengingatkan kegiatan ini bukan hanya sekedar acara seremonial semata namun, harus dimaknai sebagai upaya berbuat yang lebih baik lagi kedepannya. Ia mengajak semua yang hadir untuk mengambil hikmah dari semangat peringatan Tahun Baru Hijriah ini yaitu, semangat meninggalkan hal-hal yang buruk menuju kepada yang lebih baik.

“Berhijrah dari kehidupan selama ini, berhijrah dari kehidupan yang mementingkan diri sendiri menuju kepada kehidupan yang peduli dan berempati terhadap penderitaan sesama, maka dari itu saya harapkan adanya Kerjasama dan campur tangan semua agar dapat sejajar untuk melanjutkan dan menuntaskan pembangunan di Kabupaten Kapuas sebagai sarana untuk memotivasi, berkoordinasi dan mempererat silaturrahmi yang bertujuan untuk bersama-sama meningkatkan persatuan dan kesatuan antar umat beragama di Kabupaten Kapuas,” tuturnya.

Adapun kegiatan tersebut dihadiri oleh, perwakilan FKPD Kabupaten Kapuas, Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Ahmad M Saribi, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas, Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Agustina Erlin Hardi, Ketua Umum PHBI Kabupaten Kapuas, Tokoh Agama/Masyarakat serta sejumlah tamu undangan yang hadir.

Sumber: kip.kapuaskab.go.id

Lebih baru Lebih lama