Trending

Wujudkan Iklim Pilkada Sejuk, Polda Kalsel Lakukan Deklarasi Damai 2024

BERDIRI: Jajaran Polda Kalsel bersama anggota Komunitas Suku Bangsa ketika menyanyikan lagu Kebangsaan - Foto Dok H Faidur


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dalam rangka menjaga kondusifitas dan kelancaran saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Deklarasi Pilkada Damai Tahun 2024, Kamis (18/7/2024) kemarin, di Ballroom Grand Qin Hotel Banjarbaru, Provinsi Kalsel. 

Deklarasi Pilkada Damai ini dihadiri oleh Kapolda Kalsel, Kabinda Kalsel, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Kalsel, Danlanud Sjamsudin Noor, Kasi Intel Korem 101 Antasari, Pasmin log Lanal Banjarmasin, Pejabat Utama Polda Kalsel, Komisioner Bawaslu Kalsel, dan Komisioner Bag Hukum KPU Kalsel. Selain itu, deklarasi ini juga dihadiri Komunitas Suku Bangsa se- Provinsi Kalsel. 

Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto SH MH menyampaikan, Deklarasi Pilkada Damai digelar untuk menyamakan persepsi, misi dan visi kepada masyarakat untuk menyambut Pilkada yang akan berlangsung dalam beberapa bulan kedepan. 

"Ini adalah salah satu cara untuk menciptakan suasana aman dan damai pada saat Pilkada serentak di Kalsel," ucapnya.


Irjen Pol Winarto juga menyatakan, peristiwa kelam Jumat Kelabu pada 1997 silam adalah sejarah yang tidak boleh terulang kembali, khususnya di Bumi Lambung Mangkurat.

"Menguatkan komitmen bersama dan kesadaran serta menghindari hal yang bernuansa sara," ujarnya.

Lebih lanjut Ia pun berharap, pesta demokrasi Pilkada mendatang di wilayah Kalsel berjalan dengan aman, damai dan lancar.

Di tempat yang sama, Jony perwakilan Keluarga Besar Papua di Banjarbaru, mengapresiasi atas usaha yang dilakukan Polda Kalsel dalam menciptakan iklim sejuk untuk menyambut Pilkada 2024.

Jony mengatakan, meski dirinya bukan pemilik KTP Kalsel, kegiatan Deklarasi Pemilu Damai sebaiknya dilakukan lagi dengan konsep terbuka alias di luar ruangan agar bisa diikuti oleh banyak orang. 

"Deklarasi Pilkada Damai jangan berhenti sampai di sini dan idealnya Polda membuatkan wadah untuk semua suku bisa menyampaikan aspirasinya terkait Pilkada 2024," tukasnya. 

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama