Trending

Acil Odah Lantik Kepengurusan Kwarcab Pramuka Kota Banjarbaru

LANTIK: Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel, Hj Raudatul Jannah melakukan foto bersama Mabincab dan Pengurus Kwarcab Kota Banjarbaru - Foto Dok Istimewa 

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel, Hj Raudatul Jannah atau akrab disapa Acil Odah, secara resmi melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Banjarbaru dan Anggota Lembaga Keuangan dan Badan Integral Kelengkapan Kwartir Cabang Kwartir Cabang Banjarbaru masa bakti 2022-2027 pada, Kamis (5/9/2024) sore, di Aula Gawi Sabarataan, Balai Kota Banjarbaru, Provinsi Kalsel.

Prosesi pelantikan yang berlangsung khidmat ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel.

Setelah itu, pembacaan tanya jawab antara Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel dengan Mabicab dan seluruh Anggota Mabicab, dilanjutkan dengan pengucapan Trisatya Pramuka dan pembacaan kata-kata pelantikan oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel, diikuti oleh pengurus yang dilantik seraya memegang Bendera Merah Putih dan dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan serta pembacaan ikrar dan berita acara pelantikan.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel, Hj Raudatul Jannah atau akrab disapa Acil Odah menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada seluruh pengurus yang telah resmi dilantik.

Ia berharap agar pelantikan ini menjadi momentum untuk meningkatkan semangat dan kinerja seluruh anggota dalam berkarya di gerakan pramuka.

“Jadikanlah pelantikan ini sebagai pemacu semangat dan dorongan untuk berkarya lebih baik lagi. Pramuka adalah organisasi yang besar dan memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing,” tegasnya.


Lebih lanjut, Acil Odah berharap agar pengurus yang baru dapat menjalankan tugasnya dengan baik, ikhlas, dan penuh tanggung jawab.

“Kita sangat berharap semua komponen, baik itu pengurus, andalan, LPK (Lembaga Pemeriksa Keuangan) Kwarcab, serta seluruh stakeholder terkait dapat bersinergi dan berkolaborasi untuk membangun komitmen yang konsisten dalam memajukan Gerakan Pramuka, khususnya di Kota Banjarbaru,” tambahnya.

Selain itu, Acil Odah menekankan pentingnya peran Gugus Depan sebagai ujung tombak pendidikan karakter generasi muda di Kalsel.

Istri Gubernur Kalsel ini juga berharap agar Kwarcab Kota Banjarbaru dapat terus meningkatkan jumlah dan kualitas gugus depan yang ada.

“Melalui kwarcab yang ada, khususnya kwarcab kota Banjarbaru, kita harus terus meningkatkan gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter generasi bangsa di banua kita tercinta,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Acil Odah mengajak seluruh pengurus Kwarcab dan Kwarda untuk bahu-membahu dalam meningkatkan soliditas organisasi.

“Peran dari seluruh pengurus Kwarcab dan Kwarda sangat penting dalam meningkatkan solidaritas untuk sama-sama berjuang dengan gigih, kerja keras dan tekat mengejawantahkan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka dalam program-program yang direncanakan dan dilaksanakan,” pungkasnya.

PENGHORMATAN: Suasana pelantikan pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Banjarbaru - Foto Dok H Faidur

Sementara itu, Ketua Kwarcab Banjarbaru Dedy Sutoyo mengatakan, saat ini pihaknya telah mempersiapkan program kerja. Baik itu program tahunan maupun program jangka panjang. 

"Seperti Kemah Bhakti. Yang sedang kita kerjakan saat ini pelatihan-pelatihan untuk Kaka Kaka kita," ucapnya. 

Lebih lanjut, pihaknya berkomitmen untuk menciptakan kader yang berkompeten. Tentunya, ini dibarengi dengan adanya Kolaborasi dengan Kwarda Provinsi Kalsel.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa pengurus Kwarcab Banjarbaru bercita-cita membuat kegiatan Pramuka dengan kemasan yang lebih menarik. 

"Saat ini zaman-nya Gen Z. Pramuka harus kita create semenarik mungkin. Apalagi Pramuka ini merupakan salah satu organisasi yang menciptakan karakter pada anak," tuturnya. 

Hadir pada acara pelantikan tersebut yaitu pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel, sejumlah Kepala SKPD lingkup Kalsel, Forkopimda Banjarbaru, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Banjarbaru, para Kepala SKPD Kota Banjarbaru serta tamu undangan lainnya. 

Sumber: wasaka.kalselprov.go.id/H Faidur

Lebih baru Lebih lama