Trending

DKUMPP dan Dekopinda Banjar Apresiasi Bimtek Perkoperasian Syariah

BIMTEK KOPERASI: Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP), I Gusti Made Suryawati saat menghadiri bimtek yang dilaksanakan oleh Ponpes Khairul Amin - Foto Dok Istimewa

 RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Koperasi Pondok Pesantren (Ponpes) Khairul Amin berkolaborasi dengan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Banjar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perkoperasian, Kamis (5/9/2024) Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kegiatan bimtek ini mengangkat tema “Tata Kelola Koperasi Syariah dan Implementasinya Berdasarkan Prinsip Syariah” diikuti pengurus, pengawas dan anggota koperasi yang ada di Kabupaten Banjar serta mahasiswa.

Selain membuka kegiatan bimtek tersebut, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP), I Gusti Made Suryawati juga menyambut baik kegiatan bimtek.

“Ini merupakan kesempatan emas untuk memperdalam pemahaman akan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang berkelanjutan. Dalam pandangan Islam, keberhasilan sebuah bisnis tidak hanya diukur dari segi keuntungan materiil semata, tetapi juga dari dampak sosial, lingkungan dan spiritual yang dihasilkan,” ujarnya.


Menurut Made, dengan tata kelola yang baik dan berlandaskan prinsip syariah, koperasi syariah bisa menjadi model yang sukses dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, sekaligus memperkuat perekonomian yang berkeadilan.

Made juga menambahkan dengan mengangkat tema ini, sangat relevan dengan permasalahan-permasalahan koperasi syariah saat ini. Seperti keterbatasan pemahaman tata kelola yang baik, peran strategis koperasi untuk keberlanjutan usaha.

"Keterbatasan kompetensi, dan kapasitas sumber daya manusia dalam pengelolaan koperasi yang profesional," sambungnya.

“Sehingga, kita perlu langkah konkrit untuk mengatasi keadaan tersebut, salah satunya yaitu dengan cara memberikan pelatihan dan pendampingan bagi pengurus koperasi syariah,” pungkasnya.

Sumber: infopublik.banjarkab.go.id

Lebih baru Lebih lama